Pelita Hati: 15.01.2020 – Ke Tempat Lain

0
677 views

Bacaan Markus 1:29-39

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: “Semua orang mencari Engkau.” Jawab-Nya: “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.” (Mrk.1:35-38)

Sahabat pelita hati, 

PELITA sabda hari ini mengajarkan dua hal, 

Pertama, perlunya mengambil waktu untuk berkanjang dalam doa sembari memohon kekuatan dari Tuhan dan
Kedua, mengembangkan sikap untuk selalu siap sedia melaksanakan tugas dan perutusan di mana pun dan kapan pun.

Biasanya orang senang dengan ‘zona nyaman’ alias jika sudah tinggal di tempat yang nyaman dan aman tak perlu pergi mencari tantangan baru. Namun ternyata tidak demikian dengan Tuhan. Ia harus pergi ke tempat lain, agar kebaikan-Nya dirasakan oleh lebih banyak orang, walau harus dengan suasana yang baru, dan dengan kesulitan yang baru juga. Inilah pola yang harus dijalani murid Yesus jika ingin meluaskan pewartaan kabar gembira Tuhan, sejak zaman dahulu kala. Abraham pun meninggalkan tempat tinggalnya di Haran-Mezopotamia dan menuju ke tempat yang dijanjikan Tuhan, walau belum diketahui dengan pasti. Yakub harus pergi meninggalkan daerahnya menuju ke Mesir. Paulus pun harus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain untuk mewartakan Injil walau dengan seribu satu tantangan dan kesulitan.

Sahabat terkasih,

Mari kita warisi semangat beriman para pendahulu yang selalu siap diutus ke mana pun dan kapan pun dan melaksanakan dengan sepenuh hati. Apa pun panggilan hidup kita, mari kita jalani penuh tanggungjawab dan komitmen yang tinggi. Siap untuk menghadapi hal-hal baru dengan tantangan yang baru juga.

Di sini Tuan di sana Nyonya,
di sini Ratu di sana Raja.
Sebagai murid-murid-Nya,
siap diutus ke mana saja.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang
Berkah Dalem ** Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here