Pelita Hati: 15.04.2021 – Beroleh Hidup Kekal

0
506 views

Bacaan: Kisah Rasul 5:27-33, Yohanes 3:31-36

Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorang pun yang menerima kesaksian-Nya itu. Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

Sahabat pelita hati,

YOHANES 3:36 ini merupakan penutup dari  kesaksian Yohanes tentang Yesus. Ayat ini juga dapat dimaknai sebagai kesimpulan akhir dari pengajaran Yohanes tentang sikap yang harus dimiliki oleh murid-murid Kristus dengan tiga kata kunci: percaya, taat, dan melihat hidup. Orang yang sungguh percaya serta-merta akan hidup taat kepada Tuhan. Karenanya, dari ketaatan dan kesetiaannya kita bisa menilai kepercayaan seseorang. Semakin beriman berarti semakin taat. Dan hasil yang diperoleh dari orang yang percaya dan taat adalah akan melihat atau memiliki hidup. Bukan pertama-tama hidup jasmani atau manusiawi tetapi memiliki kepenuhan hidup, yakni hidup dalam damai-sejahtera, hidup dalam kasih, hidup dalam kebersamaan yang akan bermuara pada hidup kekal. 

Sahabat pelita kasih,

Saatnya kita bertanya: apakah saat ini kita sungguh taat dan setia kepada Tuhan yang tidak henti melimpahkan kasih-Nya? Setiap kali kita bangun tidur dan menghirup udara di pagi hari sejatinya kita sedang menghirup nafas kehidupan yang merupakan anugerah pemberian Tuhan. Mari kita syukuri segala kebaikan pemberian Tuhan yang kita nikmati setiap hari dengan semakin taat dan setia kepada-Nya.

Setiap pagi minum jus tobat,
niscaya tubuh menjadi sehat.
Bagi yang setia dan taat,
niscaya 'kan berlimpah berkat.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here