Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Pelita Hati: 15.06.2024 – Jika ‘Ya’ Katakan ‘Ya’, Jika “Tidak” Katakan “Tidak”

Pelita Hati: 15.06.2024 – Jika ‘Ya’ Katakan ‘Ya’, Jika “Tidak” Katakan “Tidak”

0
72 views

Sahabat pelita hati, 

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Pelita sabda hari ini mengajarkan tentang keberanian untuk berkata jujur. Keberanian untuk mengatakan yang sejujurnya harus menjadi karakteristik kristiani di zaman kini. Kejujuran itu bukan hanya tertuju kepada orang lain tetapi juga kepada diri sendiri alias Tuhan menuntut kita supaya bertindak jujur dalam segala hal. 

Sahabat terkasih, 

Harus kita akui, tidak mudah untuk mengatakan secara jujur dan berani melawan praktek yang tidak benar. Ambillah contoh dalam lingkungan kerja. Untuk mencari aman, kadang-kadang harus mengikuti kebijakan yang telah digariskan meskipun bukan yang terbaik. Di sinilah kita perlu mengambil sikap bijak.  Namun prinsip dasar yang harus dipegang adalah berani bersikap jika melanggar norma kemanusiaan dan iman. Apalagi bila menimbulkan korban bagi banyak orang terutama yang lemah dan kecil. 

Sahabat terkasih,

Semoga kita mampu menjadi murid-murid Yesus yang berkomitmen. Siap memperjuangkan kebenaran dan kejujuran. Mari kita mulai di lingkungan terkecil lebih dahulu, di dalam keluarga maupun dalam relasi dengan sesama di kanan kiri kita. Semoga kita mampu mengusahakannya. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Wisata bahari ke Papua Barat,
jangan lupa kunjungi Raja Ampat.
Tuhan sungguh berlimpah berkat,
bagi yang jujur, setia dan taat.
Berkereta menuju Surabaya,
berkendara ke pelabuhan Tanjung Perak.
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya,
jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

1 Raja-raja 19:19-21

Matius 5:33-37

Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. (Mat. 5:33-37)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here