Pelita Hati: 15.07.2020 – Menjadi Orang Kecil

0
434 views

Bacaan Matius 11:25-27  

Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Sahabat pelita hati,

DOA Yesus dalam pelita hati hari ini terasa janggal. Mengapa Ia bersyukur karena Bapa di surga menyembunyikan bagi orang cerdik pandai dan menyatakan kepada orang kecil? Doa Yesus ini harus ditempatkan dalam konteks atau situasi penolakan orang-orang Yahudi terhadap ajaran dan karya-Nya. Yesus tidak disambut baik oleh sebagian besar masyarakat Yahudi,  terutama para Farisi, ahli Taurat dan pemuka agama. Sebaliknya, kata-kata dalam doa syukur ini merupakan kabar baik bagi yang merasa diri kecil. Orang kecil lebih mengenal kasih Tuhan atau sentuhan Tuhan dalam hidup sehari-hari. Orang yang dapat bersyukur selalu dapat menyadari kebaikan dan kasih Tuhan yang diberikan kepadanya. 

Sahabat terkasih,

Semoga kita mampu menjadi pribadi yang sederhana dan selalu bersandar pada maha kasih dan kuasa Tuhan. Jika demikian niscaya Tuhan akan makin berkenan kepada kita.

Putih-putih bunga Melati,
lebih putih dari bunga pepaya
Kepada-Mu ya Tuhan kami berbakti,
kepada-Mu kami percaya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here