Pelita Hati: 15.08.2020 – Biarlah Anak-anak Datang Kepada-Ku

0
409 views

Bacaan Matius 19:13-15

Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Sahabat pelita hati,

KETIKA para murid mengambil jarak, bersikap tak bersahabat dan bahkan menghalangi anak-anak mendekat kepada Tuhan,  Dia mempersilakan agar anak-anak mendekat kepada-Nya dan Tuhan memberkati mereka. Inilah sebentuk sikap yang  sangat berempati pada orang lemah, tak berdaya dan tak diperhitungkan. Dalam Kitab Suci dan tradisi Yahudi pada waktu itu, anak-anak digolongkan dalam kelompok lemah dan terbaikan, tak dihitung dan tak diaanggap karena dikategorikan sebagai yang belum dan tidak produktif. Singkat cerita anak dikategorikan sebagai kelompok lemah dan tak berdaya.

Sahabat terkasih,

Tuhan memberi perhatian khusus kepada orang yang lemah dan tak berdaya, karena kelompok inilah yang lebih membutuhkan dukungan dan sokongan dari yang lebih kuat.  Mereka harus ditopang. Di sisi lain orang-orang lemah seperti inilah yang selalu mengandallkan dan menyandarkan diri pada orang lain dan Tuhan. Tuhan menyebut orang-orang lemah dan tak berdaya termasuk di dalamnya adalah anak-anak kecil sebagai yang empunya kerajaan Surga.  Apakah hidup kita mencerminkan hidup  yang mengandalkan Tuhan? Apakah kita juga telah memberi perhatian kepada sesama terutama yang kecil, lemah, miskin dan tak berdaya? Mari kita meneruskan keutamaan kasih sebagaimana diteladankan Tuhan dalam hidup sehari-hari.

Selamat pagi saudara-saudaku,
terimalah salam kasihku.
Biar kanak-kanak datang pada-Ku,
itu sabda Yesus, Dia memanggilku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here