Pelita Hati: 16.01.2022 – Melalui Maria Menuju Yesus

0
455 views

Bacaan: Yes. 62:1-5; 1Kor. 12:4-11; Yohanes 2:1-11

Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu. Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “Mereka kehabisan anggur.” Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!” Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu — dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya — ia memanggil mempelai laki-laki, Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya. (Yohanes 2:1-5.9.11)

Sahabat pelita hati,

“MELALUI Maria Menuju Yesus,”  atau  Per Mariam ad Jesum, itulah ungkapan yang menjadi simpul dari pelita sabda hari ini. Bunda Maria sejak semula ikut berperan dalam karya Yesus, bahkan sejak karya mujizat-Nya untuk pertama kalinya di kota Kana. Karena peran Maria lah akhirnya Yesus membuat mujizat,  mengubah air menjadi anggur. Sebenarnya Yesus  tidak berkenan ketika tiba-tiba Maria meminta agar anak-Nya melakukan sesuatu. Jawaban Yesus, “mau apakah engkau dari pada-Ku ibu? Saat-Ku belum tiba.” Sekilas pernyataan ini menggambarkan Tuhan yang kurang berkenan terhadap campur tangan ibu-Nya. Namun bunda Maria tak bergeming dan memerintahkan kepada para pelayan untuk mengikuti apa yang menjadi permintaan putera-Nya. Para pelayan pun menyediakan air di dalam tempayan.

Sahabat terkasih,

Dalam liturgi perkawinan kita, setiap kali mengakhiri penerimaan sakramen perkawinan, kedua mempelai bersujud di hadapan Bunda Maria, berdoa dan berserah diri kepadanya. Kita percaya Bunda yang dahuku ikut berperan dalam tindakan mujizat Tuhan di kota Kana juga akan berperan bagi karya mujizat-Nya di dalam keluarga. Kita sungguh percaya berkat bantuan doa dari Sang Bundalah maka hidup keluarga kita sungguh berlimpah berkah.  Selamat hari Minggu dan berkah Dalem.

Indah nian bunga Flamboyan,
merah indah di Tawang Mangu.
Kata Yesus kepada Pelayan,
Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here