Pelita Hati: 17.06.2022 – Kumpulkanlah Harta di Surga

0
797 views

Bacaan: 2 Raja-raja 11:1-4.9-18.20, Matius 6:19-23

Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari mengangkat tema tentang hal mengumpulkan harta. Tuhan melarang untuk mengumpulkan harta di dunia. Apa sebab musababnya?  Konon, pada zaman Yesus ada kecenderungan orang sangat materialistik alias mengejar hal-hal duniawi dan terjadi di kalangan pejabat agama dan orang-orang yang berkedudukan tinggi. Mereka amat tamak dan serakah dengan menghalalkan segala cara bahkan dengan alasan ibadah suci. Itulah sebabnya Yesus pernah marah dan mengobrak-abrik para pedagang di pelataran Bait Suci. Di balik para pedagang sejatinya ada orang-orang Saduki yang berkuasa atas kawasan bait Alah tersebut.Yesus juga mengecam orang-orang Farisi yang disebutnya sebagai hamba-hamba uang dan menelan rumah janda-janda, mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini memberi inspirasi kepada kita agar  menjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah. Sudah saatnya kita mengumpulkan ‘harga sorgawi’ yakni kebaikan, sikap bijak, iman, kasih dan persaudaraan dengan sesama. Harta ini tak akan musna dimakan ngengat. Memang benar kebaikan dan keutamaan yang kita tabur akan tetap harum dan dikenang sepanjang zaman. Karena itu marilah kita hayati nasehat Rasul Paulus ini: “Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi” (Kolose 3:2). Artinya kita perlu memikirkan keutamaan hidup yang jauh lebih abadi daripada harta dunia yang sifatnya sementara. Berkah Dalem.

Jalan-jalan ke Salatiga,
banyak pohon perindangnya.
Kumpulkanlah harta di surga,
ngengat dan karat tidak merusakkannya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here