Pelita Hati: 17.10.2020 – Jangan Kuatir

0
459 views

Bacaan Lukas 12:8-12

Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”

Sahabat pelita hati,

MENJADI murid Yesus berarti berani mengakui-Nya dalam keadaan dan situasi apa pun juga, tak boleh mengingkari-Nya. Secara tegas pelita sabda hari ini mengatakan bahwa yang sungguh percaya dan mempercayakan hidupnya pada pekerjaan dan karunia Roh Kudus, Ia akan mengajarkan kepada kita bagaimana harus berkata-kata (ay.12). Sebaliknya, jika kita mengingkari atau bahkan menghojat Roh Kudus, dosanya tak terampuni. Mengapa demikian? 

Sahabat terkasih,

Dosa melawan Roh Kudus tidak dimaksudkan menghojat nama pribadi Roh Kudus itu sendiri tetapi tak percaya, menolak dan bahkan menghojat pekerjaan Roh Kudus itu. Katekismus Gereja Katolik (KGK) no.1864 menegaskan “Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, tetapi bersalah karena berbuat dosa kekal”. Bukankah Allah itu maha rahim dan maha pengampun?

Sahabat terkasih,

Allah kita adalah Maha Kasih dan Maha Rahim, bahkan kasih dan kerahiman-Nya tidak mengenal batas.  Tetapi siapa yang dengan sengaja tidak menerima kerahiman Allah melalui penyesalan, ia menolak pengampunan dosa-dosanya dan keselamatan  yang ditawarkan oleh Roh Kudus. Penginjil Yohanes mencatat sabda Yesus tentang Roh Kudus yang dijanjikan, “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.” (Yoh 16:8). Jadi, jika manusia tidak mau insaf maka ia berdosa melawan Roh Kudus. Karenanya,  jika seseorang menolak Roh Kudus, berarti ia menolak kebenaran dan menolak kasih Allah, serta menolak pengampunan dari Allah. Karenanya, tidak mungkin diampuni baik di dunia maupun di kehidupan kelak.

Sahabat terkasih,

Saya yakin sahat-sahabat pelita hati adalah pribadi-pribadi yang sangat percaya pada maha daya Roh-Nya. Marilah kita menyandarkan hidup kita pada bimbingan dan penyertaan-Nya, niscaya kita akan merasakan berkah-berkah-Nya. Jangan kuatir.

Dari langit datangnya hujan,
dari tanah tumbuh tanaman.
Jangan kuatir apa yang harus kamu katakan,
Roh Kudus yang akan mengajarkan

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here