Pelita Hati: 17.10.2021 – Melayani Bukan Dilayani

0
506 views

Bacaan: Yes.53:10-11, Ibr.4:14-16; Markus 10:35-45

Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: “Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Mrk.10:42-45)

Sahabat pelita hati, 

MARI kita belajar dari kisah kakak-beradik, Yohanes dan Yakobus yang meminta tempat dan kedudukan di sisi kiri dan kanan Allah kelak. Dua bersaudara ini barangkali bisa mewakili ambisi yang sering terpupuk di zaman ini. Harus diakui bahwa banyak orang berlomba untuk meraih jabatan dan kedudukan yang terkadang dengan cara yang tidak benar, yakni jalan pintas.

Sahabat terkasih,

Melalui pelita sabda hari ini Tuhan mengajarkan kepada kita inti pokok hidup sebagai murid Yesus yaitu siap menjadi pelayan bagi orang lain. Ini berarti siap untuk menjadi abdi bagi sesama dan mengarahkan perhatian untuk orang lain. Dibutuhkan sikap dan semangat rendah hati yang harus selalu menyertai. Jika kita bisa menghayati hidup sedemikian maka tak perlu kita meminta tampat di kelak kemudian hari. Tuhan akan menyediakan tempat indah bagi yang taat dan setia menjadi abdi dan pelayan bagi sesama. Karena itu,  jadilah pelayan yang rendah hati dan sederhana mencontoh Yesus Sang pelayan dan pengorban sejati. Salam sehat dan tetap semangat. Berkah Dalem. 

Tak tertahan rasa rinduku,
hati ingin segera bertemu. 
Kamulah sahabat-sahabat-Ku, 
jika melakukan yang kuperintahkan kepadamu

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here