Pelita Hati 18.06.2017: Panis Angelicus

0
432 views
Ilustrasi (Ist)

Yohanes 6:51-58

AKULAH roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.” (Yoh.6:51.58)
Panis Angelicus,   roti malaikat, atau roti surgawi adalah sebutan untuk Tuhan Yesus  yang menjadi santapan jiwa dan santapan rohani. Syair  Panis Angelicus adalah buah refleksi St.Thomas Aquinas (1227-1274) atas penghayatannya terhadap Ekaristi yang luar biasa.
Ia melihat dengan mata imannya, betapa Tuhan telah memberikan anugerah yang begitu besar kepada kita melalui Yesus Putera-Nya yang menjadi ‘asupan’ rohani bagi kehidupan kita. Kita adalah orang yang berdosa yang tidak layak menerima Tubuh dan Darah Kristus, namun Tuhan memberikan kepada kita anugerah kehidupan yaitu Yesus sebagai Penebus dosa. Jika demikian, apa yang ingin kita persembahkan kepada DIA?
Panis angelicus, fit panis hominum,
Dat panis caelicus figures terminum,
O res mirabilis manducat Dominum,
Pauper, servus et humilis.
dari Papua dengan cinta,
Selamat Hari Minggu, Berkah Dalem – m.is_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here