Pelita Hati: 18.09.2020 – Derma Para Wanita

0
536 views

Bacaan Lukas 8:1-3

Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Sahabat pelita hati,

PERAN para perempuan atau wanita dalam karya pewartaan Tuhan memang tidak nampak namun bukan berarti tidak ada. Setidaknya penginjil Lukas (dan hanya dalam Injil tulisan Lukas) dikisahkan sekelompok perempuan yang menyertai Tuhan. Memang mereka tidak selalu menyertai Yesus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, seperti keduabelas murid. Namun para perempuan ini memiliki peran dalam mendukung karya dan pelayanan Tuhan melalui kelebihan rezekinya. Dengan kata lain, para perempuan ikut menopang karya pewartaan Tuhan melalui sumbangan dana atau materi.

Sahabat terkasih,

Ada banyak cara bagi kita dalam karya pelayanan dan pewartaan. Ada yang mempersembahkan tenaga dan waktunya, tetapi juga ada yang mempersembahkan melalui dukungan dana atau kelebihannya. Terpenting adakah niat tulus kita untuk berpartipasi dalam pelayanan dan pewartaan seturut kesanggupan dan kemampuan kita masing-masing. Para donatur memang tidak terjun langsung tetapi donasinya amat berguna dan mendukung karya  pelayanan. Yang satu menjalankan pelayanannya dengan terjun langsung, yang lainnya mendukungnya melalui sumbangan dana. Bukan besarnya dana yang dipentingkan tetapi kerelaan dan niatan hati untuk membantu sesama itu yang diutamakan.

Pertanyaannya adalah apakah yang telah kupersembahkan kepada Tuhan (Gereja/Paroki) selama ini?  Semoga kita tetap menyisihkan waktu, tenaga atau dana bagi karya pelayanan dan pewartaan Gereja.

Di Semarang ada Simpang Lima
kalau Tugu Monas ada di Jakarta
Berderma kepada sesama,
terutama yang lemah dan menderita

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here