Pelita Hati: 19.04.2021 – Hendaklah Percaya kepada-Nya

0
587 views

Bacaan: Kisah Rasul 6:8-15, Yohanes 6:22-29

Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?” Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya. Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.” (Yoh 6:25-29)

Sahabat pelita hati,

KINI Yesus sedang mengajarkan tentang “Roti Hidup.” Para murid kemudian bertanya,  “apa yang harus kami perbuat?” Jawaban Yesus sangat simple dan tegas “hendaklah kamu percaya kepada Dia.” Tentu percaya tidak sekedar yakin dalam kata-kata,  tetapi menerima, mengikuti dan menjalani apa yang dilakukam Tuhan. Dengan demikian percaya tidak sekedar kehendak tetapi  gerakan untuk bertindak. Percaya bukan sekedar ungkapan dan ucapan tetapi mewujud dalam perbuatan. 

Sahabat terkasih,

Kita diingatkan oleh penulis surat Yohanes: “Jikalau seorang berkata: ‘Aku mengasihi Allah’ dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.” (1 Yoh 4:20). Semoga kita sungguh menjadi murid Yesus yang sungguh percaya. Artinya, sikap hidup dan tindakan kita mencerminkan tindakan Yesus sendiri. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, yang melakukan rutinitas hidup dengan penuh tanggungjawab. Setia menjalankan tugas dan panggilan hidup masing-masing. 

Buruk muka cermin dibelah,
tak pernah akui kekurangnnya.
Inilah yang dikehendaki Allah,
percaya kepada yang diutus-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here