Pelita Hati: 19.04.2024 – “Makan Roti”: Hidup Menyatu dengan Tuhan

0
86 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

“Barangsiapa makan roti ini,  ia akan hidup selama-lamanya”, itulah salah satu ayat yang menjadi inti pokok dari pelita sabda hari ini. Apa yang dimaksud dari “makan roti?” Makan roti berarti mengalami kebersatuan dengan Tuhan yang membuat kita mendapatkan aliran kehidupan,  seperti ranting yang harus menyatu dengan pokok pohon. Ranting yang tak menyatu dengan pokok pohon dipastikan akan layu dan kering alias mati dan dipastikan tidak akan menghasilkan buah. Maka hidup orang Kristen tidak akan pernah dipisahkan dari Yesus Sang Sumber Hidup. Adalah sebuah keharusan bagi kita untuk menyatukan hati kita dengan hati-Nya. Di dalam hati Yesuslah ada kasih tanpa batas, ketaatan,  kesetiaan,  kelembutan,  pengorbanan dan keutamaan lainnya. Karenanya jika kita ingin memiliki hati yang penuh kasih,  lembut, setia dll, mau tidak mau kita harus menyatukan diri dengan Yesus. 

Sahabat terkasih,

Semoga kita selalu rindu untuk makan roti sorga itu alias rindu untuk selalu ada bersama Tuhan. Dialah sumber kehidupan, Dialah sumber penyelamatan. Berkah Dalem.

Jangan hanya berpikir untuk hari ini,
tetapi berpikirlah esok dan selanjutnya.
Barangsiapa makan roti ini,
ia akan hidup selama-lamanya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Kisah Rasul 9:1-20

Yohanes 6:52-59

Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: “Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan.” Maka kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.” Semuanya ini dikatakan Yesus di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat. (Yohanes 6:52-59)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here