Pelita Hati: 20.04.2020 – Hidup Baru

0
518 views

Bacaan Yohanes 3:1-8

Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. (Yoh 3:3-5)

Sahabat pelita hati, 

PELITA sabda hari ini mengisahkan perjumpaan Yesus dan Nikodemus dan terjadi perbincangan dan dialog ‘”tingkat tinggi” yang membuka wawasan tentang makna “lahir kembali”. Siapa Nikodemus? Ia adalah seorang Farisi, pemimpin orang-orang Yahudi (Sanhedrin) dan juga Ahli Taurat. Seorang yang memiliki kedudukan di kalangan Yahudi. Karenanya, ia menjumpai Tuhan di waktu malam agar untuk menghindari kasak-kusuk di kalangan orang Yahudi. Namun yang terpenting adalah perjumpaan di malam hari ini berbuah indah. Nikodemus mengalami pencerahan dari Tuhan tentang makna “lahir kembali” atau “lahir dalam roh”.

Sahabat terkasih,

Melalui sakramen baptis sejatinya kita dilahirkan kembali alias mengalami hidup baru. Hidup cara lama atau hidup kedagingan diganti dengan  hidup baru, yakni hidup dalam roh. Artinya hidup yang tidak dikuasai oleh nafsu duniawi semata. Pertanyaanya: Apakah kita sungguh telah meninggalkan cara hidup lama itu? Kini kita hidup dalam karunia berkah paskah, maka tak boleh lagi mengenakan baju kedagingan yang lama. Kita mengenakan “baju roh” yakni hidup dalam kasih, kelembutan dan sederet keutamaan kristiani lainnya. Ketika kita hidup dalam kasih, kelembutan, rendah hati dan tak mengumbar kesombongan sejatinya kita sedang mengenakan ‘baju roh kebaikan’ itu. Semoga kita sungguh menjadi manusia baru yang selalu membawa dan menebarkan kasih dan kebaikan kepada sesama.

Jika kita saling bergandeng tangan,
beban terasa diringankan.
Tinggalkan 'baju kedagingan',
kenakan 'baju roh' yang menyelamatkan.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here