Pelita Hati: 20.06.2024 – Doa Itu Bukan Banyaknya Kata-kata

0
66 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Kini Yesus mengajarkan tentang bagaimana seharusnya berdoa. Ia  mengajarkan “Doa Bapa Kami”, yang dikenal sebagai doa dasar sekaligus doa agung. Doa Bapa Kami ini tergolong singkat namun lengkap. Tidak bertele-tele dan berpanjang kata tetapi strukturnya lengkap. Ada unsur pujian dan syukur serta permohonan.

Latar belakang munculnya doa ini adalah adanya kebiasaan orang-orang (kala itu) yang berdoa dengan kata-kata yang panjang dan bertele-tele. Mereka berpikir doa yang demikian akan menyenangkan hati Tuhan. 

Sahabat terkasih,

Dalam doa “Bapa Kami” juga, Yesus mengajajarkan untuk menyebut Allah sebagai Bapa. Ungkapan relasi yang dekat antara anak dan bapak. Allah bukanlah jauh tetapi dekat dan bahkan teramat dekat. Allah kita bukanlah Allah yang jauh dan menakutkan tetapi bapa yang dekat dan melindung.

Marilah kita serukan doa “Bapa Kami” untuk mengawali hari ini. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Jogja memang Istimewa,
memanjakan hati di setiap liburmu.
Bapa kami yang di sorga,
Dikuduskanlah nama-Mu.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Sirakh 48:1-14

Matius 6:7-15

Lagi pula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here