Pelita Hati: 20.28.2022 – Jangan Turuti Perbuatannya

0
468 views

Bacaan: Yehezkiel 43:1-7a, Matius 23:1-12

Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:  “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. (Mat. 23:1-4)

Sahabat pelita hati,

DALAM bahasa Jawa ada unen-unen “Gajah Diblangkoni, isa kojah ora isa nglakoni.” Artinya adalah pandai berkotbah tetapi tidak melakukan apa yang dikotbahkan. Itulah yang dalam pelita sabda hari ini dikatakan, “mengajarkan tetapi tidak melakukan.” Ungkapan itu oleh Yesus ditujukan kepada orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang menganggap diri sebagai pewaris dan penjaga hukum Musa. Memang,  mereka sangat paham dan menguasai isi dari hukum Taurat, bahkan hingga aturan yang kecil-kecil dan detail. Apa yang mereka ajarkan bersumber dari hukum yang benar adanya. Karenanya sudah sewajibnya para murid mendengarkan apa yang mereka ajarkan namun jangan mencontoh perilaku hidup mereka yang sering jauh dari yang diajarkan. Orang-orang Farisi dan ahli Taurat pandai mengupas tuntutan dan aturan hukum Taurat tetapi mereka suka menimpakan beban berat pada pundak orang lain, sedangkan mereka sendiri tidak melaksanakan. 

Sahabat terkasih,

Model hidup seperti ini sangat bertolak belakang dangan cara hidup Tuhan.  Ia tidak hanya bersabda tetapi juga berkarya. Ia tidak hanya mengajarkan tentang kerendahan hati, kasih dan pengurbanan tetapi juga memberi teladan hidup  rendah hati, mengasihi sesama bahkan musuh-musuhnya dan siap  menjadi kurban utama. Semoga kita mampu meneladani Tuhan dalam hidup, karya.dan panggilan kita masing-masing. Berkah Dalem.

Turutilah yang mereka ajarkan,
tetapi janganlah perbuatannya.
Agar hidup berkenan di hadapan Tuhan,
taat setia melaksanakan perintah kasih-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here