Pelita Hati: 22.02.2021 – Petrus, Sang Batu Karang

0
807 views

Bacaan: 1 Petrus 5:1-4, Matius 16:13-19 

Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Mat 16:17-19)

Sahabat pelita hati,

JIKA kita mengamati gambar Santo Petrus selalu ditampilkan dengan tangan kanan memegang sebuah kunci dan tangan kiri memegang sebuah kitab. Penggambaran ini bersumber dari Pelita sabda hari ini yang berkisah tentang “Pengakuan Petrus”. Pengakuan iman Petrus mendatangkan berkah dan pujian dari Tuhan.

Pertama, Tuhan menganugerahkan nama “Petrus” (yang berarti batu karang) kepada Simon dan ia dinyatakan sebagai dasar bagi Gereja yang dibangun Tuhan. Atas dasar iman Petrus (para rasul) inilah persekutuan Gereja berdiri dan maut takkan menguasainya. Artinya Gereja Kristus akan tegak berdiri hingga di ujung waktu.

Kedua, Petrus diserahi kunci kerajaan surga yang dapat mengikat kebaikan baik di dunia maupun di surga. Iman kristiani didasarkan pada iman para rasul dan Petrus sebagai pemimpinnya.

Sahabat terkasih,

Untuk menegaskan  bahwa iman Gereja itu berdasarkan iman para rasul (apostolik) maka di setiap perayaan ekaristi hari Minggu selalu diucapkan syahadat iman para rasul. Semoga kita senantiasa memiliki iman yang kokoh dan teguh, tidak mudah terombang-ambing oleh arus dan gelombang perubahan zaman. Tetaplah semangat dalam beriman sambil berdoa khusus bagi saudara-saudari kita yang sedang bergumul dengan imannya dan sedang berjuang untuk kembali kepada Gereja. Tetap semangat.

Ke Kudus berkunjung teman,
singgah ke Pati ke tempat saudara.
Petrus Sang Batu Karang iman,
pembawa kunci kerajaan surga.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here