Pelita Hati: 22.05.2020 – Menuju Sukacita Abadi

2
508 views

Bacaan Yohanes 16:20-23a

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku.

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berkisah tentang Yesus yang memberikan pesan indah kepada para murid. Bukan untuk menakut-nakuti tetapi untuk menyiapkan hati para murid agar tetap tabah dan setia jika harus menghadapi sederet perjuangan bahkan dukacita. Singkatnya, dukacita dan sukacita itulah inti permenungan pelita sabda hari ini.  

Sahabat terkasih,

Yesus menggambarkan dengan amat indah bagaimana dukacita itu akan berubah menjadi sukacita seperti seorang ibu yang melahirkan anak. Seseorang pernah berkisah saat melihat perjuangan dan rasa sakit yang dialami oleh  seorang ibu dalam proses melahirkan yang harus mempertaruhkan nyawa. Namun sesakit apapun penderitaan yang dialami oleh seorang ibu pada saat proses melahirkan, ketika bayinya lahir segala rasa sakit tersebut sirna, yang ada adalah hanya sukacita dan rasa gembira. 

Sahabat terkasih, 

Yesus mengatakan bahwa murid-murid-Nya pun tak lama lagi akan berdukacita karena sengsara dan wafat-Nya. Namun tiga hari sesudah itu para murid-akan bersuka cita karena kebangkitan-Nya. Dan kebahagiaan mereka tak dapat dirampas oleh apa pun dan siapa pun. Maka,  mari kita hayati dan kita hidupi sabda keutamaan ini terutama jika harus berjerih payah memperjuangkan dan mempertahankan iman, bahkan harus mengalami dukacita. Kita harus percaya bahwa Tuhan akan mengarunia orang-orang yang setia kitaambil percaya dengan sukacita pada akhirnya. 

Betapa anggun gadis berkebaya,
wajah ayu nan cantik jelita
Bagi yang setia dan percaya,
Tuhan akan melimpahkan sukacita

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

2 COMMENTS

  1. Loooo Romo Vikep Istoto dimana kok di Sorong double job ya aku kepingin berkarya kuga di Sorong setelah psbb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here