Pelita Hati: 22.06.2021 – Menuju Pintu Kehidupan Yang Sempit

0
497 views

Bacaan: Kej. 13:2,5-18, Matius 7:6.12-14

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya. (Mat.7:12-14)

Sahabat pelita hati,

BAGAIMANA kabar sahabat-sahabat pelita hati? Doa saya dari kawasan Banyutemumpang, Sawangan di Magelang sahabat-sahabt selalu dilimpahi oleh berkat-Nya. Hari ini Tuhan mengingatkan bahwa jalan menuju “pintu kehidupan” itu susah dan sempit. Bukan berarti Tuhan ingin melemahkan usaha kita tetapi Tuhan sedang memacu kita agar lebih berjuang dalam hidup. Dengan kata lain, Tuhan sedang memacu kita agar memiliki daya juang untuk nelewati pintu yang sempit alias beragam kesulitan untuk menuju kepada kebaikan. 

Sahabat terkasih,

Memang, ada serangkaian tuntutan yang harus dipenuhi oleh pengikut Yesus. Salah satunya adalah jika kita ingin orang lain berbuat baik kepada kita, kita harus berani mendahuluinya alias lebih dahulu menanam kebaikan kepada sesama. Jika kita ingin dihargai orang lain maka kita harus terlebih dahulu menghargai dan menghormati mereka. Inilah hukum alam yang harus dipenuhi. Sadar atau tidak, dalam diri kita sering ada kecenderungan untuk menuntut orang lain berbuat baik. Hal ini amatlah wajar. Menjadi tidak wajar jika kita selalu menuntut dan menuntut sedangkan kita sendiri tak berbuat apa-apa. Karenanya, mari bertanya kepada diri kita masing-masing: apakah aku cenderung senang menuntut orang lain, entah itu pasangan hidup, keluarga, karyawan, umat atau siapapun untuk berbuat baik kepadaku? Atau selama ini aku telah mendahului menebar kebaikan kepada mereka? Mari kita melihat diri dengan jujur agar kita bisa memaksimalkan kebaikan kita dalam hidup selanjutnya. Semangat dan terus semangat.

Karena telah lama tidak bertemu,
rasa hati ingin segera berjumpa.
Jika menghendaki orang berbuat baik kepadamu,
perbuatlah demikian juga kepada mereka.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here