Pelita Hati: 23.04.2024 – Domba-domba-Ku Mendengar Suara-Ku

0
101 views

Sahabat Pelita Hati, 

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Pelita sabda hari ini mengisahkan tentang orang-orang Yahudi yang menolak Yesus. Awalnya mereka menuntut pernyataan tegas dan pengakuan Yesus, apakah Ia sungguh-sungguh Mesias yang dinantikan. Mereka mulai gerah dan kecewa terhadap Yesus karena tak pernah menjawab dengan jelas siapakah diri-Nya. Puncak dari kemarahan orang Yahudi adalah ketika Yesus berkata “Aku dan Bapa adalah satu”. Mereka menilai Yesus telah menghojat dan merendahkan Allah karena menyamakan diri-Nya dengan Allah. Dan dengan alasan inilah nantinya orang-orang Yahudi membawa Yesus ke  pengadilan yang berujung pada penyaliban. 

Sahabat terkasih,

Orang-orang Yahudi dan para pembenci Yesus tak bisa menangkap bahwa sejatinya yang Tuhan maksudkan adalah apa yang Ia lakukan sama dengan yang dilakukan Bapa. Yang Yesus lakukan tak lain kecuali memberikan cinta seutuhnya kepada manusia seperti Bapa yang tak pernah menghentikan cinta_Nya kepada manusia. Semua yang dilakukan Yesus adalah karya kasih yang diperuntukkan bagi manusia dan dunia. Inilah yang tak dimengerti oleh orang-orang Yahudi. Karenanya mereka berusaha untuk menyingkirkan Yesus. Semoga kita dapat menjadi domba-domba yang baik, yang setia dan tak pernah menjauh dari-Nya karena kita percaya Tuhan adalah penjaga dan penyelamat kita. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Pergi ke toko membeli buku,
buku pintar dan buku saku.
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku,
dan mereka mengikut Aku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Kisah Rasul 11:19-26

Yohanes 10:22-30

Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.  Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.  Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” Yesus menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu.” (Yoh 10:27-30)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here