Pelita Hati: 23.10.2020 – Membaca Tanda

1
557 views

Bacaan Lukas 12:54-59

Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

Sahabat pelita hati,

SEBAGAI anak alam pada waktu itu, orang Yahudi sangat pandai dan cakap merasakan perubahan awan dan angin serta bisa meramalkan cuaca. Seharusnya sebagai bangsa terpilih dan terdidik dalam kitab Taurat, orang-orang Yahudi juga bisa membaca tanda-tanda hadirnya Mesias di balik segala karya dan pewartaan Yesus dengan segala mujizat-Nya. Namun mereka tak mampu atau lebih tepatnya tak mau menerima dan mengakui Yesus sebagai Mesias. Inilah sebentuk sikap yang menutup diri dan tak peduli dari orang-orang Yahudi.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini mengingatkan kita untuk menjadi pribadi yang peka dan peduli terhadap sesama dan lingkungan kita dan juga kasih Allah yang bisa berkarya dengan macam-macam cara. Yang dibutuhkan adalah kesediaan membuka diri dan hati bagi sesama dan siap menerima kehadiran Tuhan dalam hidup kita. Dalam diri orang-orang lemah dan menderita, di sanalah Tuhan hadir. Semoga kita peka dan peduli kepada sesama di sekitar kita.

Sandar kapal di Pelabuhan,
pelabuhan ikan di Pangandaran.
Jadilah murid-murid Tuhan,
yang peka terhadap situasi zaman.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here