Pelita Hati: 24.08.2022 – Natanael, Sang Israel Sejati

0
1,067 views

Bacaan: Why.21:9b-14, Yohanes 1:45-51

Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Sahabat pelita hati, 

HARI ini Gereja merayakan pesta Santo Bartolomeus Rasul, salah seorang dari kedua belas murid Yesus.  Diyakini Bartolomeus adalah Natanael sebagaimana dikisahkan oleh penginjil Yohanes dalam pelita sabda hari ini. Apa yang istimewa dari Natanael?  Yesus menyatakannya sebagai “seorang Israel sejati, apa adanya, tanpa kepalsuan dan pura-pura” (bdk. Yoh 1:47). Tuhan sungguh memberi apresiasi atas kejujuran dan keterusterangan Natanael dan menjanjikan kepadanya suatu penglihatan yang lebih besar, yaitu mengenai Anak Manusia sebagai perantara antara langit dan segenap manusia (Yohanes 1:45-51). Dalam kisah kebangkitan Yesus, Natanael adalah salah seorang dari yang melihat Kristus saat menampakkan diri di pantai danau Tiberias (Yohanes 21:2). 

Sahabat terkasih, 

Kejujuran dan ketulusan hati adalah salah satu keutamaan dasar kristiani yang dibutuhkan di zaman ini. Mungkin saja karena sikap jujur kita, kita akan mendapat tantangan dan kesulitan. Tetapi percayalah Tuhan akan berpihak kepada orang yang memperjuangkan kebenaran dengan ketulusan hati. Tetap semangat menjadi pejuang kebenaran dan kebaikan di zaman ini. Berkah Dalem.

Inilah lagu Indonesia pusaka,
lagu nasional bangsa Indonesia.
Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka,
dan malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here