Pelita Hati: 24.09.2020 – Agar Tak Salah Melangkah

0
593 views

Bacaan Lukas 9:7-9

Herodes raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan ia pun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata: “Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?” Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus

Sahabat pelita hati,

RASA cemas dan takut bisa muncul karena orang pernah melakukan kesalahan atau ketidakjujuran. Takut tindakannya diketahui orang dan sekaligus rasa salah atas kepututusan yang dipilih. Suasana hati seperti inilah yang dialami oleh Herodes. Ia cemas kalau-kalau Yohanes yang telah Ia penggal kepalanya bangkit dan hidup lagi. Inilah buah dari pengelolaan hati yang salah, yang tak mau menerima kritik dan masukan sehingga Herodes melakukan tindakan keji dan berujung pada cemas diri dan tak pernah mengalami kedamaian hati. Herodes cemas dan takut akibat tindakannya. Hatinya tak tenang, dikejar-kejar oleh rasa salah yang tak berkesudahan.

Sahabat terkasih,

Semoga kecemasan hati Herodes ini menjadi pembelajaran bagi kita agar dapat mengendalikan hati sehingga tidak jatuh pada tindakan yang melanggar norma nurani dan hidup atas suara batin yang suci. Tak gegabah mengambil keputusan dan selalu meegedepankan kebaikan dalam setiap tindakan. Jauhkan diri dari pongah dan kesombongan dan bangun sikap hidup yang mengedepankan ketulusan.

Bunga mawar bunga melati,
mekar indah di taman hati.
Hiduplah dalam kerendahan hati,
jauhkan dari sikap sombong dan congkak hati

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here