Pelita Hati: 24.12.2022 – Gloria in Excelcis Deo

0
487 views

Bacaan: Yesaya 9:1-6, Titus 2:11-14, Lukas 2:1-14 (Malam Natal)

Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, — karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud — supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” (Luk. 2:4-7.13-14)

Sahabat Pelita hati,

SAMPAILAH kita di penghujung hari untuk merayakan dan mensyukuri Malam.Kudus Natal, saat bunda Maria melahirkan Yesus “Sang Putera Natal.” Penginjil Lukas memberi kesaksian, “Maria melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan”, begitulah penggalan kisah kelahiran Yesus di kandang Betlehem yang dibacakan dalam Injil perayaan malam natal nanti. Kita  menyambut Immanuel Allah yang selalu beserta kita. Gloria in Excelcis Deo, Kemuliaan bagi Allah di tempat yang tinggi. Kelahiran Yesus di kandang Betlehem  menyatakan bahwa Allah berkendak mendekati manusia. Ia sungguh ingin menjadi sahabat yang dekat dengan manusia. Yesus lahir di palungan (tempat makanan hewan) menandakan perendahan diri-Nya, Allah yang rela terlahir sebagai manusia.

Sahabat terkasih,

Perayaan natal tahun ini kita rayakan dalam suasana pemulihan pandemi covid-19. Suasananya jauh berbeda dengan satu atau dua tahun yang lalu. Kita bersyukur atas pandemi covid-19 yang telah dilewati. Kini saatnya kita bangkit dan bergerak serta berjalan bersama melalui jalan baru, suasana baru dan semangat baru tentu saja. Maka marilah kita rayakan Natal Tuhan dengan gembira karena Dia sungguh bersahabat dengan kita. Semoga kelahiran dan kehadiran-Nya di dalam hati kita sungguh membawa damai-sejahtera. Selamat merayakan malam kudus natal sahabat.

Dari Jakarta ke Jogjakarta,
membawa hati untuk yang dicinta.
Telah lahir juru selamat kita,
mari kita sambut dengan sukacita.

Lebih enaklah terbang pagi,

naik pesawat Air Asia.

Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi,

dan damai sejahtera di bumi di antara manusia.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here