Pelita Hati: 25.01.2021 – Paulus: dari Penganiaya menjadi Pembela

0
739 views

Bacaan: Kisah Rasul 22:3-16, Markus 16:15-18

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

Sahabat pelita hati,

HARI ini Gereja merayakan pesta bertobatnya rasul Paulus. Pertobatan ini menjadi titik balik bagi Saulus yang kemudian menjadi Paulus. Semula mengejar-ngejar umat Kristen kemudian menjadi pengajar mereka. Dahulu menganiaya kemudian menjadi pembela. Dan berkat Paulus lah Gereja Kristus berkembang dari Yerusalem hingga ke penjuru dunia, termasuk Asia dan Indonesia.

Sahabat terkasih,

Bagian akhir dari Injil Markus berisi tentang perintah Tuhan kepada para murid agar pergi ke  seluruh dunia memberitakan Injil kepada segala makhuk. Jelaslah setiap dari kita ‘wajib’ menghadirkan kebaikan dan kegembiraan kepada setiap orang, di mana pun dan kapan pun. Setidaknya ada dua  (2) permenungan yang bisa kita petik dari pelita sabda hari ini, yakni perintah untuk mewartakan Injil dan Tuhan membekali para murid dengan tanda-tanda hebat. Kini perintah yang sama juga tertuju kepada kita, tanpa kecuali. Berkat sakramen baptis, pengikut Kristus memiliki tugas untuk mewartakan kabar kebaikan kepada sesama. Kabar baik itu tidak pertama-tama melalui kata-kata nasehat dan petuah tetapi dalam sikap atau kesaksian kita. Orang menilai dan menghargai bukan karena kata-kata kita tetapi karena sikap dan perbuatan kita. Semoga kesaksian dan kerasulan Paulus memacu kita semakin bersemangat dalam menghadirkan kebaikan dan kegembiraan bagi sesama, walau dalam  perbuatan yang amat sederhana. Tetaplah semangat menjagi pembawa dan pembela kebaikan.

Apalah arti sebuah nama,
bagi yang tak mempercayainya.
Mewartakan kebaikan kepada sesama,
tugas setiap murid-murid-Nya

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here