Pelita Hati: 26.01.2022 – Bukan Semak Berduri

2
701 views

Bacaan: 2Sam. 7:4-17, Markus 4:1-20

Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat.” (Mrk.4:20)

Sahabat pelita hati,

PERUMPAMAAN tentang seorang penabur ini membawa kita pada satu kesadaran bahwa hendaknya kita menjadi tanah yang baik atau tanah yang subur, sehingga benih yang tertabur dapat tumbuh, berkembang dan menghasilkan buah yang berlipat-lipat. Tanah yang baik adalah tanah yang tidak banyak semak-duri, tidak berbatu atau keras tetapi tanah yang gembur sehingga benih dapat cepat bertumbuh dan dan mengakar kuat. Tanah yang baik bisa kita maknai sebagai hidup yang memiliki hati yang baik, penuh kasih, peka dan peduli kepada sesama. Bukan hati yang keras dan membatu maupun hati yang selalu memamerkan sikap benci dan iri hati.

Sahabat terkasih,

Mari kita mengarahkan pandangan kepada hati kita masing-masing: apakah hati kita sungguh terbuka terhadap Tuhan yang tersurat dalam sabda keutamaan dan sabda kudusnya? Apakah hati kita juga peka dan peduli kepada sesama? Ataukah kita masih senang memupuk rasa iri dan dengki terdap sesama dan tidak rela terhadap keberhasilan mereka? Inilah sebentuk semak berduri yang bisa menghimpit dan mematikan tumbuh-kembangnya kebaikan dalam diri kita. Semoga pelita sabda Tuhan di hari ini meneguhkan kita untuk membangun hati yang peduli, hati yang mengasihi dan juga mengampuni. Jika demikan, hidup kita akan menjadi tempat tumbuh-kembangnya kasih dan kebaikan dan kebaikan dari Tuhan. Maka, jadilah tanah yang baik. Berkah Dalem.

Wahai sahabat selamat pagi,
sambutlah berkat di pagi ini.
Milikilah hati yang mengasihi,
Tak mendengki dan membenci.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

2 COMMENTS

    • Dua-duanya benar Pak. Kebetulan penulispakai kalender punyae IHS (Jesuit)ambil Markus. Kalender liturgi KWI/Kanisius ambil Lukas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here