Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Pelita Hati: 26.05.2024 – Tri Tunggal Maha Kudus

Pelita Hati: 26.05.2024 – Tri Tunggal Maha Kudus

Sahabat pelita hati, 

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Hari ini Gereja merayakan hari Tri Tunggal Maha Kudus. Dogma tentang Allah Tritunggal ingin menegaskan relasi kasih Allah Bapa-Putera-Roh Kudus dalam mencurahkan kasih-Nya kepada manusia. Bagaimana relasi kasih itu harus dipahami?  

Pertama-tama Allah Pencipta adalah Allah yang Maha Agung dan  tak  terjangkau oleh  manusia. Karena hendak mengasihi manusia maka  mengambil wujud  manusia yaitu Yesus. Yesus adalah Allah Putera yang dapat disentuh dan dimengerti bahasanya. Namun Yesus akhirnya wafat dan naik ke sorga. 

Allah berkehendak untuk  terus mengasihi manusia. Ia hadir dalam roh, yaitu Roh Kudus, Roh Penolong dan Roh Penghibur. Inilah relasi kasih Trinitaris yang menyatakan kasih Allah kepada manusia yang tiada batas dan tiada henti. 

Sahabat terkasih, 

Pelita sabda hari ini merupakan bagian akhir injil Matius, perintah untuk memberitakan Injil dan menjadikan semua bangsa murid-Nya. Bagaimana caranya? Membaptis atau menguduskan dan mengajar. Di zaman ini, perintah itu juga tertuju kepada kita. Kita memiliki tanggungjawab untuk menguduskan sesama kita, bukan pertama-tama mereka harus menjadi katolik atau kristen  tetapi menanamkan kebaikan melalui kesaksian hidup. Kita pun harus menebarkan kebaikan itu di mana pun dan kapan pun. Di sinilah kita sejatinya sedang menjalankan tugas pengudusan itu. Selamat merayakan kasih Tritunggal Mahakudus dan berkah Dalem.

Paling nikmat sarapan soto kudus,
sate kerang, empal dan babat.
Kemuliaan kepada Bapa, Putera dan Roh Kudus,
seperti permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Ul.4:32-34.39-40; 

Rm.8:14-17; 

Mat.28:16-20.

Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Mat 28:16-20)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version