Pelita Hati: 27.11.2022 – Hendaklah Kamu Siap Sedia

0
726 views

Bacaan: Yesaya 2:1-5, Roma 13:11-14a, Matius 24:37-44

“Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” (Matius 24:37-39, 42-44).

Sahabat pelita hati,

HARI ini adalah minggu pertama (I) Adven, saat kita merenungkan ajakan sekaligus perintah Tuhan agar kita selalu berjaga dengan setia. Berjaga tidak dimaksudkan duduk termenung tak berbuat apa-apa tetapi seperti seorang hamba yang sedang melakukan tugasnya. Maka berjaga berarti melakukan aktivitas hidup sehari-hari, yakni melakukan kebaikan dan demi kebaikan. Dengan kata lain, sepanjang hidup kita sejatinya merupakan saat bagi kita untuk berjaga. Dan di dalam berjaga itulah dibutuhkan kesetiaan dan ketekunan. Kualitas kesetiaan kita dalam berjaga akan dinilai dari kebaikan yang kita tebarkan kepada sesama sepanjang hidup kita. 

Sahabat terkasih,

Karena itu marilah kita fokus terhadap tugas dan tanggungjawab serta panggilan kita masing-masing, apa pun panggilan itu. Ketika kita melaksanakannya dengan penuh tanggungjawab sejatinya kita sedang berjaga dalam kebaikan. Setialah terhadap panggilan dan tugas dengan penuh dedikasi tinggi. Kita pegang janji Tuhan ini: barangsiapa setia hingga pada akhirnya akan menerima keselamatan. Selamat hari Minggu.

Anak manis siapa yang punya?
sudah pastilah orang tuanya.
Barangsiapa setia hingga pada akhirnya,
Tuhan 'kan melimpahkan berkah-Nya.
Pro Ecclesia et Patria,
demi Gereja dan.bangsa.
Hendaklah kamu juga siap sedia,
karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here