Pelita Hati: 28.05.2020 – Agar Mereka Menjadi Satu

0
484 views

Bacaan Yohanes 17:20-26

Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yoh 17:20-21)

Sahabat pelita hati, 

BAGIAN akhir dari Doa Yesus adalah “agar mereka semua menjadi satu”. Tuhan tidak hanya mendoakan para murid-Nya tetapi juga orang-orang yang telah menerima pewartaan dari mereka. Tuhan berdoa agar mereka semua menjadi satu. Nyata bahwa misi Tuhan ke tengah-tengah dunia adalah ingin mempersatukan. Tuhan tidak hanya memperhatikan para murid tetapi juga memikirkan agar terjadi kesatuan umat manusia. Jika dahulu orang Yahudi membanggakan ke-Yahudian-nya dan menempatkan diri sebagai bangsa pilihan yang ekslusif, Tuhan Yesus memperjuangkan agar terjadi persatuan semua orang. 

Sahabat terkasih, 

Kini tugas kita pun sama yakni menjadi pelopor dalam membangun persatuan di tengah arus besar yang cenderung mengkotak-kotakkan. Semoga di tengah-tengah masyarakat kita mampu menebarkan virus kebersamaan dan kebersatuan melalui karya dan pelayanan kita masing-masing. 

Di sini raja di sana ratu,
di sini dua di sana satu.
Semoga mereka semua menjadi satu,
seperti aku dan Bapa adalah satu.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here