Pelita Hati: 29.09.2021 – Malaikat Agung

0
588 views

Bacaan: Dan. 7:9-10,13-14// Why. 12:7-12a;Yohanes 1:47-51

Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”  Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (Yoh.1:49-51)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berkisah tentang panggilan Natanael atau yang sering juga disebut Bartolomeus. Sikap dan tanggapan Natanael ternyata menggetarkan hati Yesus. Natanael mendapat pujian dari Tuhan yang disebut sebagai “orang Israel sejati yang tidak ada kepalsuan dalam dirinya.” Ujung akhir dari pujian itu adalah Tuhan akan menganugerahi Natanael menyaksikan langit terbuka dan para malaikat-Nya. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (ay.51)

Sahabat terkasih,

Hari ini Gereja merayakan pesta Malaikat Agung Mikhael-Gabriel-Rafael.

Mikhael berarti siapa yang seperti Allah. Digambarkan sebagai perwira gagah perkasa yang mengalahkan balatentara iblis. Gereja memahami kisah ini dalam konteks pengorbanan para martir yang menumpahkan darah demi mengimani Kristus. Kemartiran zaman ini dimengerti bukan selalu berkorban nyawa tetapi sikap militansi untuk membela kebenaran dan kebaikan. 

Gabriel artinya kekuatan Allah. Dialah yang membawa kabar sukacita Allah kepada Bunda Maria (Lukas 1).

Rafael artinya kesembuhan dari Allah. Dialah yang menyembuhkan mata Tobit yang buta (Tobit 5). Nama-nama Malaikat Agung ini sejatinya merangkum dan menggambarkan sifat Allah yang penuh kasih serta selalu membela, menolong dan melayani kita umat-Nya.

Sahabat terkasih,

Semoga pada pesta Malaikat Agung ini, kita makin percaya pada penyertaan Allah yang penuh kasih. Ia menjadi penolong dan pelindung kita. Tuhan selalu ada beserta kita. Tak ada alasan bagi kita untuk takut dan gentar mewartakan kebaikan termasuk dengan deret tantangan dan kesulitan yang kita hadapi. Tetap semangat.

Bhineka Tunggal Ika,
semboyan unggul negara kesatuan Republik Indonesia.
Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka,
dan malaikat-malaikat turun naik kepada Anak Manusia

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here