Pelita Hati: 29.11.2020 – Berjaga-jaga

0
567 views

Bacaan Markus 13:33-37

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!” (Mrk. 13:35-37)

Sahabat pelita hati,

HARI ini kita memasuki Minggu Adven I, saat kita mengawali masa Adven, saat kita menantikan kedatangan Tuhan dalam hati yang akan dirayakan dalam perayaan Natal kelahiran Tuhan. Hari ini pelita sabda mengajak kita untuk merenungkan pewartaan Tuhan tentan pentingnya sebuah ketekunan dan kesetiaan dalam berjaga. Bandingkan dengan seorang satpam atau petugas piket yang sedang menjaga kompleks perumahan, kantor, pabrik kediaman, Gereja dlsb. Nampaknya tugasnya amat sepele dan gampang namun sejatinya membutuhkan kondisi badan yang fit dan kesetiaan walau kadang harus melawan rasa kantuk, lelah dan sepi sendiri. Karenanya dibutuhkan aktivitas dan kreativitas untuk melawan kantuk dan kebosanan itu.

Sahabat terkasih 

Hidup kita sejatinya adalah sebuah penantian yang membutuhkan kesetiaan dan komitmen. Berjaga dan penantian kita pun haruslah diisi dengan sejumlah kebaikan dan keutamaan, bukan hanya duduk termenung dan diam membisu. Seluruh hidup kita harus diisi dengan beragam aktivitas yang sedapat mungkin bermakna dan berdayaguna bukan hanya bagi diri dan keluarga tetapi juga sesama. Katekese dan pendalaman iman selama masa adven pun dapat kita maknai sebagai saat untuk berjaga doa dan permenungan sabda. Semoga makin memantaskan kita untuk menjadi pribadi yang berguna. Semangat memulai dan mengawali masa adventus ini yang kita yakini akan memberkahi.

Sungguh cantik warna-warni kaktus,
tanaman mungil datang dari Kudus.
Selamat memasuki masa Adventus,
saat hati menantikan kedatangan Kristus.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here