Pelita Hati: 30.08.2022 – Melawan Kuasa Jahat

0
667 views

Bacaan: 1 Kor.2:10b-16, Lukas 4:31-37

Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras: “Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” Dan setan itu pun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. (Luk. 4:31-35)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini mengisahkan Yesus  yang mengusir roh jahat dari seorang yang sedang beribadah di rumah ibadat Kapernaum. Kharisma, wibawa  dan kuasa Yesus sungguh tak terbantahkan lagi. Roh-roh jahat pun takluk di hadapan-Nya. Mereka ketakutan ketika melihat kehadiran Tuhan sambil.berseru-seru: “Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” (ay.34) Namun Yesus segera menghardiknya dan roh jahat itu keluar dari tubuh orang yang dirasukinya.

Sahabat terkasih,

Yesus sangat tegas bila berhadapan dengan roh-roh jahat. Ia tidak mau berkompromi. Kekuatan jahat harus dilawan. Sikap seperti itu juga yang Yesus tunjukkan tatkala Ia digoda dan dicobai iblis di padang gurun. Sikap tegas seperti inilah yang hendaknya menjadi sikap setiap pengikut-Nya. Di zaman ini roh jahat tidak selalu menampilkan diri dalam wujud yang menakutkan terkadang justru menarik dan memikat hati. Dibutuhkan sikap bijak untuk bertindak dan tegas untuk melawannya. Tidak boleh kita berkompromi dan memberi kesempatan pada si jahat, harus dilawan. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Indonesia berjajar pulau-pulaunya,
tak terkira kekayaan alamnya.
Maha daya kuasa-Nya,
roh jahat pun takluk kepada-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here