Pelita Hati 31.07.2017: Biji Sesawi dan Ragi

0
1,191 views

Bacaan Matius 13:31-35

YESUS membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya.” Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.” (Mat.13:31-33)

Tuhan menyajikan dua perumpamaan tentang Kerajaan Allah dengan mengambil gambaran biji sesawi dan ragi. Keduanya memiliki karakterisasi yang sama yaitu kecil, tidak nampak dan takdiperhitungkan. Namun ternyata biji sesawi yang kecil itu bisa menjadi pohon besar dan ragi yang tak diperhitungkan bisa menjadikan roti berkembang.

Cara Tuhan bertindak dan Roh berkarya tidak selalu dapat dideteksi dengan inderawi tetapi akhirnya dapat dirasakan buah-buah karya-Nya. Yang dituntut dari kita adalah ketekunan dan kesetiaan, karena Tuhan tidak akan mengabaikan segala usaha, jerih payah dan niat kita untuk selalu setia kepada-Nya. Mari kita nantikan karya mujizat-Nya dengan dan dalam iman. Tuhan tahu apa yang terbaik untuk kita.

Mari berdendang nyanyikan lagu,
lagu merdu ‘kasih di pelabuhan Ratu’,
Jangan bimbang dan jangan ragu,
Tuhan menjagamu sepanjang waktu.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem – rm.is

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here