Pemberkatan Gedung SD Kanisius Sorogenen Surakarta, Semangat Berpadu untuk Kanisius Maju

0
625 views
Gedung baru SD Kanisius Sorogene Surakarta. (FX Juli Pramana)

YAYASAN Kanisius Cabang Surakarta, hari Jumat 19 Januari 2024 mengadakan ekaristi  perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sekaligus menggelar acara penghargaan purna tugas dan pemberkatan Gedung SD Kanisius Sorogenen Surakarta.Tema Perayaan Ekaristi adalah “Dengan Semangat Natal dan Tahun Baru, Berpadu untuk Kanisius Maju”

Ekaristi berlangsung secara daring dan luring; dipimpin oleh:

  • Provinsial Serikat Jesus Provinsi Indonesia: Romo Benedictus Hari Juliawan SJ sebagai selebran utama.
  • Bersama para konselebran: Romo Robertus Budiharyana Pr, Romo Johannes Heru Hendarto SJ, Romo Vincentius Istanto Pramuja SJ, Romo Yoseph Supriyanto Pr, Romo Clemens Budiarta SJ, Romo Joseph Situmorang SJ.

Perayaan Ekaristi diikuti seluruh guru, karyawan, siswa-siswi, orangtua murid, komite sekolah dan pemerhati Kanisius serta tamu undangan lainnya.

Perayaan ekaristi pemberkatan gedung SD Kanisius Sorogenen Surakarta. (FX Juli Pramana)

Penghargaan purna tugas

Ekaristi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berlangsung khidmat. Acara penyampaian penghargaan purna tugas pada 15 guru dan karyawan yang telah berkarya di Kanisius. Juga diadakan seremoni pemberkatan gedung SD Kanisius Sorogenen Surakarta. Semua berlancar lancar.

Pada acara penghargaan guru karyawan purna tugas disampaiakan piagam penghargaan dan tali asih oleh Romo J. Heru Hendarto SJ, Ketua Pengurus Yayasan Kanisius Pusat. Ia berpesan kepada para guru dan karyawan purna tugas untuk senantiasa kreatif dalam mengisi masa purna tugas yang dijalani.

Kerjasama untuk Kanisius

“Pembangunan sekolah sejalan dengan semangat ‘Berpadu untuk Kanisius Maju’. Dan itu terwujud karena adanya kerjasama antara sekolah, komite sekolah dan pemerhati pendididikan. Yayasan Kanisius ingin memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat yang mempercayakan putera-puterinya belajar di Kanisius,” demikian Romo Joseph Situmorang SJ, Kepala Yayasan Kanisius Cabang Surakarta saat pemberkatan.

Persembahan tarian hiburan dari para murid saat dilakukan pemberkatan gedung SD Kanisius Sorogene Surakarta. (FX Juli Pramana)
Prosesi pemberkartan gedung SD Kanisius Sorogenen Surakarta. (FX Juli Pramana)

Berlangsung meriah

Pada saat perayaan, siswa-siswi Kanisius tampil memeriahkan acara dengan sajian menyanyikan lagu, dance, tarian, musik angklung dan ensamble musik dari peralatan barang bekas.

Selain perayaan syukur, tahun ini sekolah-sekolah di Yayasan Kanisius Cabang Surakarta dalam rangka Perayaan Natal dan Tahun baru mengadakan aksi sosial di SD Kanisius Serenan Wonogiri dan Panti Asuhan Seribu Pulau di Ngringo, Jaten, Kabupaten Karanganyar.

Prasasti pemberkatan gedung

Prasasti pemberkatan gedung ditanda tangani oleh Romo Benedictus Hari Juliawan SJ. Prasasti tertanggal 19 Januari 2024 bertuliskan bahasa Latin: “Omnia veritas vincit, Eo tempore me Deus bonae memoriae benedixit“. Diterjemahkan kurang lebih berarti: “Kebenaran mengalahkan segalanya, saat itu Tuhan memberkati saya dengan ingatan yang baik.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here