Pentingnya Solidaritas dan Subsidiaritas, Pesan Uskup KAJ Ignatius Kardinal Suharyo di Kanwil Kemenag DKI Jakarta

0
47 views
Uskup KAJ Ignatius Kardinal Suharyo datang melakukan kunjungan silahturahmi ke Kantor Wilayah Kemenag RI DKI Jakarta dan disambut oleh Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar (duduk di tengah dan berkopiah). Anton Sinaga, Pembimas Kanwil Kemenag DKI Jakarta, duduk di posisi kanan ikut menemani perbincangan Kardinal dan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta yang berlangsung di Jakarta, Rabu 5 Juni 2024. (Anton Sinaga)

PERISTIWA dan kegiatan ini terjadi hari Rabu tanggal 5 Juni 2024 di Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta di Jl. DI Panjaitan No. 10, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Hadir dalam acara hari ini adalah Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan tuan rumah yang beliau kunjungi yakni Kepala Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta: Cecep Khairul Anwar.

Pada kesempatan itu, Uskup KAJ Kardinal Suharyo menyebut pentingnya solidaritas dan subsidiaritas dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. Disampaikan kepada jajaran staf dan karyawan Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta; termasuk di sini adalah jajaran Kantor Pembimas Katolik di lingkungan yang sama.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo datang melakukan kunjungan silahturahmi ke Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta di Jl. DI Panjaitan No. 10, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Rabu 5 Juni 2024. Ikut hadir datang menyambut Kardinal Suharyo adalah Ketua Komisi HAAK KAJ Romo Suyadi Pr, Romo Sadyoko Raharja SJ (batik cokelat dengan collar di leher) dari Gereja Santa Anna Paroki Duren Sawit Jakarta Timur, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar serta Pembimas Katolik Anton Sinaga. (Dok. Anton Sinaga)
Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta Anton Sinaga (posisi kanan berkopiah) duduk menemani perbincangan Uskup Keuskupan Agung Jakarta dengan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar. Kunjungan silahturahmi ini terjadi di Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta di bilangan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Rabu 5 Juni 2024. (Dok. Anton Sinaga)
Pertemuan silahturahmi Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo bersama Kepala Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar di kantornya. Pembimas Kanwil Kemenag DKI Jakarta Anton Sinaga juga hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Jakarta Timur, Rabu 5 Juni 2024. (Dok. Anton Sinaga)
Suasana pertemuan Kardinal Suharyo dan Kepala Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar. (Anton Sinaga)

Subsidiaritas dan solidaritas: dua hal berbeda

Dua istilah itu adalah subsidiaritas dan solidaritas. Dua istilah itu merupakan hal yang berbeda.

“Solidaritas adalah kekuatan yang muncul dari persatuan dan saling membantu; tanpa memandang perbedaan agama, suku, atau ras,” ungkap Uskup KAJ Ignatius Kardinal Suharyo dalam kesempatan bertemu dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta: Cecep Khairul Anwar.

“Sedangkan subsidiaritas berarti kita saling mendukung dan memberdayakan satu sama lain. Hal ini dimulai dari lingkup keluarga, komunitas, hingga masyarakat luas,” ujar Kardinal Suharyo saat datang berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta di Jl. DI Panjaitan No. 10, Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur 13340, hari ini.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu – membahu mewujudkan solidaritas dan subsidiaritas serta terus menjunjung toleransi dan saling menghormati antar umat beragama.

“Kita harus saling menghormati keyakinan masing-masing. Juga hidup berdampingan dengan damai. Karena perbedaan agama, suku, dan ras bukanlah hal yang harus dipertentangkan. Tetapi justru memperkaya kehidupan kita,” tutur Kardinal Suharyo.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyapa jajaran Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta saat melakukan kunjungan silahturahmi di Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Tampak di sebelah kanan adalah Kepala Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar. Kunjungan ini terjadi hari Rabu 5 Juni 2024. (Dok. Anton Sinaga)
Kenangan cinderamata untuk Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo disampaikan oleh Kepala Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar disaksikan oleh Pembimas Kanwil Kemenag DKI Jakarta Anton Sinaga (baju batik biru dan berkopiah di posisi kanan). (Dok. Anton Sinaga)

Motto “100% Katolik, 100% Indonesia”

Kardinal Suharyo juga menyinggung semboyan “100 persen Katolik, 100 persen Indonesia”.

Menurut beliau, seluruh umat Katolik dalam status dan jalan hidup atau fungsi apa pun mempunyai panggilan yang sama yaitu untuk tumbuh menuju kesempurnaan kasih. “Wujud dari kasih tersebut adalah kita harus mencintai negara dan tanah air kita,” ungkap guru besar bidang pengajaran Kitab Suci.

Kunjungan Kardinal Suharyo di Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta disambut hangat oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta: Cecep Khairul Anwar.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, khususnya kepada Yang Mulia Kardinal Ignatius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta. Kehadiran beliau di sini merupakan kehormatan bagi kami dan menjadi bukti nyata komitmen kita bersama dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Jakarta,” ujar KaKanwil Kemenag RI Cecep Khairul Anwar.

Kakanwil menyampaikan beberapa program strategis yang dilaksanakan antara lain “Membangun Kampung Moderasi Beragama”; melaksanakan dialog antar umat beragama, memberi pembinaan kepada tokoh agama serta bantuan rumah ibadat.

Hadir mendampingi Kakawil dalam acara hari ini adalah Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta: Anton Sinaga.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menjawab pertanyaan media tentang sikap KWI atas tawaran negara ormas keagamaan boleh ikut menikmati peluang mengolah tambang. “Tidak,” adalah jawaban tegas Kardinal Suharyo merespon media. Tampak berbaju batik kuning dengan collar adalah Ketua Komisi HAAK Keuskupan Agung Jakarta Romo Suyadi Pr yang berdiri dekat persis di belakang Kardinal Suharyo. Ikut di belakang mereka adalah Romo Sadyoko Raharjo SJ dari Gereja St. Anna Paroki Duren Sawit, Jakarta Timur. (Dok. Anton Sinaga)

Sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan Pembimas Katolik Kanwil DKI Jakarta

Kepada Uskup KAJ Ignatius Kardinal Suharyo, Pembimas DKI Jakarta menyampaikan berbagai layanan Bimas Katolik. Dan itu sudah diberikan kepada umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta. Diwujudkan antara lain melalui:

  • Kegiatan pembinaan keluarga bahagia.
  • Dialog antar umat beragama.
  • Pembinaan guru agama dan siswa beragama Katolik.
  • Sejumlah bantuan keagamaan.
  • Lokakarya menulis dan konten kreatif untuk kaum religius suster biarawati dalam bingkai kerjasama dengan Yayasan Karsa Cipta Asa (YKCA) yang telah berlangsung sukses hari Sabtu 25 Mei 2024 dua pekan lalu.

“Dalam menjalani tugasnya, Pembimas Katolik Kanwil Kemenag DKI Jakarta selalu menjalin koordinasi dan kerjasama dengan komisi-komisi yang ada di Keuskupan Agung Jakarta,” kata Anton Sinaga melaporkan kegiatan Kantor Bimas Katolik DKI Jakarta kepada Ignatius Kardinal Suharyo – Uskup Keuskupan Agung Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here