Peringatan 500 Tahun Pertobatan Santo Ignatius Loyola : 20 Mei Pembukaan Tahun Ignasian 2021-2022

0
670 views
Scenes From the Life of St. Ignatius of Loyola By Albert Chevallier-Tayler (1862-1925) St. Ignatius Church of the Sacred Heart – Wimbledon, England

Bisakah kita menghadapi tantangan :

Melihat Segalanya Baru dalam Kristus [Jesuit Global]

Dalam Kristus, Kita Dibaharui dan Diutus [Jesuit Provinsi Indonesia]

Merayakan 500 tahun pertobatan Santo Ignatius tidak pertama-tama tentang masa lalu. Ini adalah tentang masa sekarang dan yang akan datang. Sebuah kesempatan untuk pembaharuan dan penggalian kembali akar spiritualitas Ignasian. Ini adalah Kesempatan untuk berdiam sejenak, menimba kembali energi rohani dan menempatkan kembali Kristus sebagai pusat. Ini adalah pertobatan rutin sehari-hari.

Terkait dengan Tahun Ignasian ini, pemimpin tertinggi Serikat Yesus, Romo Arturo Sosa mengatakan, “Baiklah kita mengingat kembali bahwa Ignasius yang terluka di Pamplona bukanlah akhir yang membahagiakan, melainkan awal yang mebahagiakan. Pertobatan kadangkala merupakan saat-saat perubahan besar, namun juga merupakan sebuah proses yang tidak pernah berhenti. Kita perlu menempatkan Kristus sebagai pusat secara terus-menerus. Proses ini merupakan peziarahan menyusuri jalan yang berkelok-kelok, naik turun dan kadangkala harus menoleh kembali langkah kita dan terkadang merasa tersesat. Namun perjumpaan dengan orang di sepanjang perjalanan bisa menunjukkan jalan dan mengulurkan tangannya untuk membantu kita.”

Tahun Ignasian ini, kata Romo Arturo, merupakan peziarahan pertobatan. Dalam bukunya Let Us Dream, Paus Fransiskus mengatakan,”Seorang peziarah adalah yang bisa melampaui sehingga bisa masuk ke yang lebih dalam. Ia keluar dari dirinya sendiri, membuka dirinya untuk horison yang baru dan ketika pulang tidak lagi sama, dan demikian juga rumahnya tidak akan sama lagi. Ini adalah saat untuk berziarah. Kami ingin berangkat berziarah, dengan membiarkan diri kami dibimbing dengan lembut oleh Roh Kudus, memusatkan hidup kami kepada Kristus dan membiarkan diri kami melihat segala sesuatu baru dalam Kristus.”

Romo Arturo Sosa, sebagai pemimpin tertinggi Serikat Yesus, berinisiatif merayakan tahun Ignasian ini. Ia mengundang kita, utamanya mereka yang terinspirasi semangat Ignasian dan keluarga Ignasian. Siapa pun yang berminat mengikuti doa “Berziarah bersama Ignasius” pada 23 Mei 2021, pukul 19.00 WIB, bisa bergabung lewat link berikut ini: https://ignatius500.global/live/ atau kanal Youtube di bawah ini :

Acara Pembukaan di Indonesia akan diadakan pada 20 Mei 2021, pukul 17.00 WIB diawali dengan Misa Pembukaan yang dipimpin Provinsial Serikat Jesus Indonesia, Rm. Benny Hari Juliawan, SJ. Silakan yang ingin menghadirinya, klik link berikut: http://bit.ly/MisaPembukaanTahunIgnasian atau di kanal Youtube di bawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here