Pesta Intan Tiga Suster OSF di Gereja Gedangan, Semarang

1
3,288 views

MERAYAKAN perjalanan panjang selama 60 tahun hidup bakti sebagai suster biarawati sungguh menjadi saksi iman tiada tara. Dalam waktu dekat dan bertempat di Gereja Santo Yusuf atau populer disebut Gereja Gedangan Semarang  akan berlangsung ekaristi istimewa mensyukuri pesta iman bagi para suster anggota Kongregasi Suster-suster Fransiskanes Semarang (OSF).

Yang berbahagia dalam pesta iman ini antara lain sang yubilaris yakni
Suster Seraphine Sri Hartiyah OSF yang tahun ini genap merayakan Pesta Intan (60 tahun hidup membiara)

Suster Seraphine OSF yang kini berumur 85 tahun akan merayakan pesta hidup bakti sebagai suster anggota Kongregasi Fransiskanes Semarang secara istimewa. Pesta Intan yang istimewa dan teramat langka untuk Suster Seraphine OSF ini akan dirayakan dalam sebuah pesta iman dengan perayaan ekaristi agung bersama Romo Vikaris Jenderal KeuskupanAgung Semarang Romo Pius Riana Prapdi Pr.

Menurut Pipit Prahoro, pada Pesta Intan dalam ekaristi agung itu juga akan dilangsungkan sejumlah pesta iman lainnya yang tidak kalah istimewa. 23 suster OSF akan mengucapkan kaul hidup kekal sebagai biarawati. Dua suster lain yang sudah sepuh juga ikut merayakan Pesta Intan (60 tahun membiara), sementara 6 suster lain juga merayakan Pesta Emas (50 tahun), tujuh suster berpesta Panca Windu (40 tahun hidup membiara) dan tujuh lainnya Pesta Perak (25 tahun membiara).

Tahun ini pula, Kongregasi Suster-suster Fransiskanes Semarang (OSF) merayakan 175 tahun sejarah pelayanannya di Gereja Indonesia. Hingga tahun ini, jumlah suster OSF sudah mencapai angka 355 biarawati.

Karya-karya suster OSF di Semarang yang paling mencolok tentu saja RS Elizabeth di Semarang Atas. Di Yogyakarta ada lembaga pendidikan tinggi ASMI Santa Maria dan SMA Santa Maria. Di Jakarta, karya pendidikan yang ditangani para suster OSF antara lain SMA Marsudirini di Matraman, Jakarta Timur.

Mathias Hariyadi, penulis dan anggota Redaksi Sesawi.Net.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here