PIA dan PIR Paroki Kleco Solo Rayakan Hari Anak Misioner Sedunia 2024

0
299 views
Peringatan Hari Anak Misioner Sedunia 2024 dirayakan dengan berbagai kegiatan di Paroki Kleco Solo. (FX Juli Pramana)

HARI Minggu, 7 Januari 2024, Gereja merayakan Hari Anak Misioner Sedunia ke-181. Tema Hari Anak Misioner tahun ini adalah “Anak Misioner: Jadilah Pembawa Damai”.

Gereja Santo Paulus Paroki Kleco Solo merayakan Hari Anak Misioner dengan Perayaan Ekaristi yang diselenggarakan untuk anak-anak kategori PIUD (Pendampingan Iman Usia Dini), PIA (Pendampingan Iman Anak), dan PIR (Pendampingan Iman Remaja).

Pada perayaan ekaristi ini, petugas liturgi dilaksanakan oleh anak-anak. Mereka bertugas menjadi lektor, pemazmur dan kelompok paduan suara.

Program acara peringatan Hari Anak Misioner Sedunia 2024. (Ist)

Berderma

Kepala Paroki Gereja Santo Paulus Paroki  Kleco Solo  Romo Aloysius Kriswinarto MSF mengajak orangtua untuk mendampingi putera-puterinya. Agar mereka memiliki kebiasaan berdoa, berderma, berkurban dan bersaksi.

“Empat hal itulah yang perlu dibiasakan untuk dilakukan anak-anak yaitu doa, derma, kurban dan kesaksian. Tentu dilakukan sesuai perkembangan usia anak,” demikian homili Romo Aloysius Kriswinarto MSF.

“Di Gereja Kleco saat Natal, anak-anak tidak hanya menerima hadiah Natal. Tetapi diajak mau berbagi, membawa persembahan bagi Kanak-kanak Yesus. Berupa perlengkapan mandi. Nantinya, semua itu akan dibagikan untuk anak-anak di panti asuhan. Meskipun sederhana, hal itu dapat memberikan pembiasaan baik bagi anak-anak untuk memiliki perhatian untuk berderma,” tutur Romo Kriswinarto.

Suasana perayaan Hari Anak Misioner Sedunia di Paroki Kleco Solo. (FX Juli Pramana)
PIUD (Pendampingan Iman Usia Dini), PIA (Pendampingan Iman Anak), dan PIR (Pendampingan Iman Remaja) – semua ikut ambil bagian dalam perayaan Hari Anak Misioner Sedunia 2024. (FX Juli Pramana)

Detektif rohani

Selain perayaan ekaristi, anak-anak diajak untuk mengikuti pendalaman Kitab Suci, bernyanyi bersama dan berdinamika kelompok dalam bentuk mengikuti permainan.

Pendalaman Kitab Suci dipimpin Diakon Yohanes Febri Bagas Pamungkas MSF. Diakon Bagas mengajak anak-anak untuk menjadi “detektif rohani”.

Detektif rohani adalah anak yang selalu ingin tahu, berusaha mencari dan menemukan kebenaran. Kebenaran yang dimaksudkan adalah kebenaran sesuai dengan ajaran Kitab Suci, meskipun harus berusaha keras menemukan “rahasia” yang harus dipecahkan dan diselidiki.

Membiasakan anak-anak sedari usia dini punya kebiasaan “ingin tahu” tentang isi dan narasi Kitab Suci; ibarat kata menjadi “detektif rohani”. (FX Juli Pramana)

Bergembira dengan permainan

Pada Perayaan Hari Anak Misioner sedunia anak-anak di Paroki Kleco  mengikuti kegiatan dengan gembira dalam bentuk permainan. Permainan tersebut:

  • Tebak nama nabi dari lirik lagu.
  • Estafet karet memindahkan karet gelang dengan sedotan.
  • Tebak alkitab. Seperti cerdas cermat, siapa cepat mengangkat tangan dan menjawab. Pertanyaan seperti kuis  berkaitan dengan alkitab  
  • Bermain puzzle. Anak-anak menyusun puzzle dengan pola gambar Gereja Santo Paulus Paroki Kleca Solo
  • Susun bola. Disediakan  bola dengan berbagai macam warna, setiap kelompok menyusun bola dengan warna yang sama

Anak misioner didampingi untuk selalu bergembira, membangun hidup berkelompok dengan dinamikanya dan mewartakan kegembiraan sesuai dengan usianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here