Puncta 02.12.18. Minggu Adven I – Lukas 21: 25-28. 34-36 Penyelamatanmu Sudah Dekat

0
1,608 views
Ilustrasi: Masa Adven. (Ist)

HARI ini kita memasuki Tahun Liturgi Baru C dengan ditandai Masa Adven.

Adventus berarti kedatangan. Yakni datangnya Sang Juru Selamat.

Kita memaknai masa Advent sebagai kedatangan Tuhan Yesus 2000 tahun lalu. Tapi kita juga mengharap kedatangan Yesus untuk kedua kalinya. Kedatangan Yesus yang kedua kali akan terjadi pada akhir zaman sebagai Anak Manusia yang akan mengadili semua orang.

Masa penghakiman itu ditandai dengan kegoncangan kosmik di seluruh alam. Akan muncul kecemasan, kebingungan, ketakutan yang melanda.

Siapa yang akan berdiri bertahan menghadapi itu semua?

Bagi orang yang tidak percaya, hal itu menakutkan. Tetapi bagi kita yang percaya pada Yesus tidak perlu takut. Yesus berkata: “Angkatlah mukamu sebab penyelamatanmu sudah dekat.” Bagi murid Tuhan, masa itu adalah masa penyelamatan. Kita diajak kokoh kuat dalam iman. Kita memasuki masa adven untuk menanti dan siap mengalami kasih Allah yang menyelamatkan.

Kita tidak tahu kapan waktu itu datang. Maka Yesus minta, “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa supaya kamu mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi dan supaya kamu dapat bertahan berdiri di hadapan Anak Manusia”.

Hujan-hujan pergi ke Mak Beben. Jalan licin ke Simpang Dua. Selamat memasuki masa Advent. Tuhan pasti datang di hati kita. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here