Puncta 20.12.18. Lukas 1:26-38 Aku Ini Hamba Tuhan

0
658 views
Patung Bunda Maria di halaman Gereja Paroki Wedi. (Ist)

ADA banyak umat di Paroki Pugeran yang menjadi Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Wilayah Paroki Pugeran memang terletak persis di belakang Kagungan Dalem Kraton Ngayogyakarta.

Ada sharing dari salah satu umat yang menjadi Abdi Dalem, “Saya bersyukur boleh diangkat jadi Abdi Dalem. Ini adalah berkah bagi saya dan keluarga. Walaupun gajinya tidak seberapa tetapi kebahagiaan ngabdi di Kraton itu tak terganti dengan uang atau materi. Berkahnya itu banyak. Itulah kepuasan batin yang terdalam.”

Kalau orang bisa merasakan kepuasan batin, kedamaian, ayem tentrem mengabdi kepada raja di dunia,  betapa lebih membahagiakan kalau kita ini bisa menjadi hamba Tuhan. Hari ini Injil menyebut Maria menghayati sebagai hamba Tuhan.

“Aku ini hamba Tuhan. Terjadilah padaku menurut perkataanMu”.

Maria menjawab tugas panggilan Allah sebagai hamba. Siapakah kita ini, manusia yang lemah, tak punya jasa apapun di hadapan Allah. Tetapi Allah memakai Maria untuk penjelmaan PuteraNya. Maria adalah teladan kesetiaan hamba.

Setia = Konsisten. Sekali berkata YA akan terus diperjuangkan walau jatuh bangun. Saya sendiri merasa sering gagal memperjuangkan konsistensi. Saya bersyukur mempunyai Maria sebagai teladan kesetiaan.

Saya selalu berdoa kepada Bunda Maria agar bisa setia atas panggilan hidup yang terus menerus diperjuangkan sampai akhir.

Marilah kita berdoa dan mohon dukungan dari Bunda Maria yang setia sampai di bawah salib Puteranya. “Aku ini hamba Tuhan”.

Malam sunyi tidur di Nanggulan. Besuk pagi lanjutkan perjalanan. Bunda Maria teladan kesetiaan. Doakan kami agar tahan godaan. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here