Rasa Syukur Mengisi Perayaan HUT ke-20 Paroki Ciputat, Tangsel

0
536 views
10 imam diosesan KAJ yang pernah mengampu karya pastoral di Paroki Ciputat dan imam lainnya asal paroki ini tampil dalam misa konselebrasi dalam rangka HUT ke-20 Paroki Ciputat Gereja St. Nikodemus, Tangsel. (Eko Ardiyanto)

10 IMAM Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) hari Minggu (7/5/2023) secara konselebrasi memimpin Perayaan Ekaristi Minggu Paskah kelima. Ini sekaligus puncak peringatan hari ulang tahun ke-20 Paroki Ciputat Gereja Santo Nikodemus.

Kesepuluh imam tersebut yakni:

  • Pastor Kepala Paroki Ciputat: Romo Aloysius Susilo Wijoyo Pr.
  • Pastor Rekan Romo Patrick Slamet Widodo Pr.
  • Serta para imam lain yang pernah bertugas di Paroki Ciputat yakni Romo Alexius Widianto Pr, Romo Aloysius Hadi Nugroho Pr, Romo Alphonsus Setya Gunawan Pr, Romo Aloysius Yus Noron Pr, Romo Silvester Hari Pamungkas Pr, Romo Wahyu Kristian Wijaya Pr.
  • Plus dua imam dua romo asal Paroki Ciputat Tangerang Selatan: Romo Pius Novrin Pr dan Romo Stevanus Harry Yudanto Pr.

32 Lingkungan

Perayaan misa syukur diawali dengan arak-arakan vandel tiga puluh dua lingkungan dan beberapa kelompok kategorial yang ada di Paroki Ciputat.

Dalam homilinya, Romo Aloysius Susilo Wijoyo atau yang akrab disapa Romo Joy mengajak umat yang hadir untuk selalu bahagia menjalani kehidupan. Seperti biasa, di akhir homili Romo Joy menyampaikan pantun yang kompak dijawab umat dengan kata “cakep”.

“Pakai kaos seragam rasanya ketat. Karena perut gendut dan tidak rata. HUT ke-20 Paroki Ciputat, bersyukur bersama dengan sukacita”, kata Romo Joy yang disambut dengan kata “amin” serta tepuk tangan dari 968 umat yang hadir.

Pemenang berbagai lomba menerima hadiah dari Romo Aloysius Susilo Wijoyo Pr usai Panitia HUT gelar aneka perlombaan yang diikuti segenap umat paroki, (Eko Ardiyanto)

Aneka kegiatan pra perayaan

Sebelum perayaan misa syukur, panitia HUT ke-20 Paroki Ciputat menggelar beberapa perlombaan yang digelar sejak pertengahan bulan April dan banyak diikuti umat dari masing-masing lingkungan.

Lomba pertama yang digelar adalah Family Cooking Adventure.

Di lomba ini, masing-masing keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan anak memasak nasi goreng. Kemudian, karena diadakan saat Bulan ramadan, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan warga di sekitar gereja.

“Selain dalam rangka ulang tahun paroki, kami tiap tahun juga biasa menggelar acara buka puasa bersama warga sebagai salah satu bentuk kerjasama dan toleransi,” ujar ketua panitia Jarot Utomo

Lomba lain yang juga digelar dan banyak diikuti anak muda adalah lomba membuat video reels Instagram dengan tema “Aku Cinta Nikodemus” dan ucapan “HUT ke-20 Paroki Ciputat”.

Kedua lomba ini dinilai juri yang terdiri dari romo, frater dan perwakilan panitia. Total hadiah bagi pemenang mencapai Rp.5 juta.

Keterlibatan umat juga terlihat dalam lomba koor antar lingkungan. Dari 32 lingkungan, ada 26 lingkungan yang berpartisipasi dan menyanyikan dua lagu wajib, yakni lagu Bapa Kami dan Mars Santo Nikodemus yang keduanya diciptakan Pastor Kepala Paroki Ciputat Romo Aloysius Susilo Wijoyo, Pr.

Kegiatan cek kesehatan gratis dalam rangka perayaan HUT ke-20 Paroki Ciputat, Tangsel. (Eko Ardiyanto)

Cek kesehatan gratis

Selain lomba-lomba, panitia HUT ke-20 paroki Ciputat yang terdiri dari enam lingkungan juga menggelar acara “NGASO” atau Ngobrol Asyik Sambil Ngopi. Ini program acara untuk anak-anak muda yang tergabung dalam OMK dan KKMK. R

angkaian peringatan ulang tahun Paroki Ciputat yang juga diikuti ratusan umat adalah acara Cek Kesehatan Gratis.

Di program ini, umat diperiksa kesehatannya meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol serta konsultasi dokter dan pemberian obat dan vitamin.

Cek kesehatan ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Cinta Kasih Ciputat.

“Kami umat senang dengan adanya cek kesehatan gratis ini. Apalagi hasil cek tadi, semuanya hasilnya baik,” tutup Supriyanto (72) yang mengikuti pemeriksaan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here