Rekoleksi KB-TK Sang Timur Malang Sambut Adven

0
157 views
Rekoleksi untuk para murid Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Sang Timur Kota Malang

MASA Adven sudah jamak dikenal dalam lingkungan umat beriman Katolik di mana pun. Baik di paroki-lingkungan, komunitas-komunitas biara. Bahkan juga oleh lembaga-lembaga pendidikan Katolik.

Pada pekan pertama adven dari empat pekan pada masa adven menjelang Hari Raya Natal 2023, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Sang Timur Kota Malang melaksanakan rekoleksi. Dalam bimbingan para guru pendidik

Istilah rekoleksi yang diambil bukan pendalaman iman. Menurut para guru pendidik, itu karena untuk menyampaikan materi serta metode. Dan yang tepat ya rekoleksi.

Diawali dengan bermain dan bernyanyi yang menggembirakan di aula sekolah. Selanjutnya, mereka duduk rapi dan tenang. Untuk mendengarkan cerita para para frater OSM.

Lilin di Masa Adven disampaikan kepada para murid KB-TK Sang Timur peserta rekoleksi Masa Adven.

Mereka adalah Frater Aldo OSM, Frater Cosmas OSM dari Biara Loandeng. Lalu ada Frater Beato, Fr. Tito, dan Fr. Ayub dari Seminari Tinggi Interdiosesan San Giovanni XXIII Malang.

Mereka ini juga sedang belajar mengenali lebih dekat tentang dunia pendidikan prasekolah di KB-TK Sang Timur Malang.

Para frater bercerita tentang Yesus datang mengunjungi Maria dan Marta. Maria setia mendengarkan Sabda Tuhan. Sedang Marta yang menyibukkan diri dengan menyiapkan segala sesuatunya di dapur. Keduanya baik. Tidak ada yang salah. Baru kedapatan tidak tepat, kalau ada rasa iri hati terhadap saudaranya.

Dengan cerita ini, para pencerita hendak mengajarkan sebuah nilai hidup. Yakni, mendengarkan Sabda Tuhan menjelang Hari Raya Natal. Juga pergi ke gereja bersama ayah dan ibu dan tetap berteman baik dengan siapa pun.

Untuk memudahkan daya tangkap cerita serta meningkatkan daya ingat pada anak-anak dipakailah alat peraga sederhana berupa gambar-gambar dua dimensi yang dibuat secara mandiri oleh para frater dengan musik dari seruling.

Para frater memainkan instrumen seruling dalam sesi rekoleksi untuk para murid KB-TK Sang Timur Malang.
Para muird KB-TK Sang Timur Malang dengan penuh perhatian mendengarkan paparan para frater dalam sesi rekoleksi Masa Adven.

Asyik dan menyenangkan semua pihak

Rekoleksi berlangsung Kamis, 7 Desember 2023. Mulai pukul 07.00 sd 09.30 WIB. Berlangsung asyik dan menyenangkan bagi para siswa.

“Anak-anak KB-TK Sang Timur Malang yang mengikuti rekoleksi hari ini ada 57 anak. Yang dalam Kegiatan Belajar Mengajar sehari-hari dimasukkan dalam lima kelompok atau kelas: Kelompok Bermain satu kelas, TK-A dua kelas, dan TK-B dua kelas,” kata Maria Rosa, guru kelas kelompok TK-A 2.

“KB-TK Sang Timur Malang juga melayani pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. Puji Tuhan, tahun pelajaran 2023/2024 kami bisa mendampingi beberapa anak berkebutuhan khusus. Mereka memperoleh pendidikan yang sama dengan lainnya. Semoga mereka menjadi semakin sehat, semakin cerdas dan semakin baik,” imbuh Dyah Anggayanti, guru lain.

KB-TK Sang Timur berada di halaman yang sama dengan SD Katolik Sang Timur dan SMPK Sang Timur. Di bawah manajemen Yayasan Karya Sang Timur milik Kongregasi Suster Sang Timur (PIJ) di Jalan Bandung No. 2, Kota Malang.

KB-TK Sang Timur berada di halaman yang sama dengan SD Katolik Sang Timur dan SMPK Sang Timur Malang.

Kejadian aneh

Sekitar pukul 11.00 WIB, penulis sedang lewat di depan sekolah-sekolah Sang Timur.  Bisa melewati dengan nyaman, karena jalannya lebar dan mulus karena baru beberapa hari lalu diaspal hotmix.

Tetapi belum lewat satu jam berikutnya, media sosial di Kota Malang Kamis lalu kemudian heboh oleh berita amblasnya jalan yang tepat di depan sekolah-sekolah Sang Timur.

Pada hari berikutnya, ada tanggap darurat cepat oleh Dinas PUPR Kota Malang untuk memulihkan kondisi jalan tersebut mengingat jalan Bandung termasuk jalan arteri di Kota Malang.

Foto: Guru-guru Sang Timur Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here