Renungan Harian 1 Juni 2020: Pengingkaran

0
322 views


PW Santa Perawan, Bunda Gereja

  • Bacaan I: Kej. 3: 9-15.20.
  • Injil: Yoh. 19: 25-34.

DALAM sebuah pertemuan dengan kelompok pasutri (pasangan suami istri), dari sharing-sharing mereka ada ungkapan-ungkapan yang menarik.

Beberapa yang menarik itu antara lain: “Suami/istri saya kalau pas lagi baik wah luar biasa bagi saya seperti malaikat; tetapi kalau sudah marah, saya seperti ketemu dengan setan.”

Ada pula yang mengatakan: “Suami/istri saya itu orang yang amat romantis, selalu membuat kejutan-kejutan, dan mengungkapkan kata-kata mesra; tetapi kalau sudah marah, waduh, kebun binatang bisa keluar.”
 
Dari sharing-sharing yang terungkap nampaknya dalam hubungan suami istri, ketika lagi baik, lagi damai, maka mereka akan mengungkapkan kasih sayangnya dengan luar biasa, baik dengan kata-kata mesra maupun dengan bentuk tindakan yang lain. Akan tetapi bila sedang marah, sedang sakit hati, maka cenderung untuk menyakiti pasangannya.

Seolah ada kepuasan apabila bisa menemukan kata atau kalimat yang menyakitkan.
 
Kisah manusia pertama jatuh ke dalam dosa dari Kitab Kejadian, sebagaimana kita dengar dalam Bacaan I, mengisahkan bagaimana Adam mengingkari Hawa istrinya.

Dalam kisah sebelumnya ketika Adam diberi teman yang sepadan ia mengatakan: “Inilah tulang dari tulangku dan daging dari dagingku.” (bdk, Kej. 2: 23).

Ia menyebut teman yang sepadan itu sebagia bagian yang menyatu dengan dirinya. Namun ketika mereka jatuh dalam dosa, ketika ditanya Allah, Adam menjawab: “Perempuan yang Kau tempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

Dengan jawaban itu Adam mengingkari perempuan itu sebagai bagian yang menyatu dengan dirinya.
 
Salah satu akibat dosa adalah hilangnya ketulusan hati. Maka orang dengan mudah mengingkari banyak hal dan dengan mudah menyalahkan orang lain.

Ketika seseorang kehilangan ketulusan hati maka cinta kasih orang itu mulai terkikis.
 
Bagaimana dengan aku?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here