Renungan – Merasul dan Berdoa

0
221 views
Ilustrasi - Mengajar. (ist)

Bacaan 1: Kis 18:23 – 28
Injil: Yoh 16:23b – 28

TANGGUNGJAWAB sebagai orang Katolik itu jelas, yaitu bermisi serta berdoa menjalin relasi dengan Allah Bapa melalui perantaraan Tuhan Yesus.

Sebelum bermisi, seorang Katolik harus belajar iman terlebih dahulu. Agar apa yang diwartakannya benar-benar sesuatu yang berasal dari Tuhan. Bukan mewartakan dirinya sendiri.

Ada tiga sumber untuk belajar iman, yaitu Kitab Suci, tradisi rasuli serta magisterium.

Sebagai seorang Yahudi diaspora dari Aleksandria, rupanya Apolos sangat gemar belajar Alkitab sehingga mengenal Tuhan Yesus. Aleksandria merupakan kota penting yang kemungkinan memiliki perpustakaan cukup lengkap.

Meski ilmunya kurang lengkap (karena hanya mengetahui baptisan Yohanes, belum baptisan Roh Kudus) namun ia berani memutuskan mengajar.

Saat Apolos di Efesus, sebagai teman sekerja dalam mewartakan Kristus, Priskila dan Akwila mengetahui kondisi Apolos.

Mereka lantas melengkapi ilmunya sehingga ia semakin handal sebagai penginjil. Apolos melanjutkan karya Paulus di Provinsi Akhaya (Korintus).

Sebagai orang Katolik, kita juga bisa seperti Apolos maupun Priskila dan Akwila. Mau belajar dan mengenal Tuhan Yesus lewat Kitab Suci dan melengkapi pengetahuan saudara seiman ketika mengetahui apa yang diketahuinya masih kurang.

Kita mengenal Yesus adalah Allah Putera yang datang dari Allah Bapa, sebagai misteri Tri Tunggal Allah Maha Kudus tentu dari Kitab Suci. Tuhan Yesus menyatakan siapa dirinya secara jelas di Kitab Suci.

Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat. Ia adalah pengantara kita dalam doa-doa kepada Allah Bapa.

Ada kuasa yang mengalir dan tercurah di dalam nama Yesus. Apa yang kita mohon akan diantarkan Tuhan Yesus kepada Bapa-Nya sehingga permohonan dikabulkan.

Sebab Yesus ingin sukacita kita menjadi sempurna.

Pesan hari ini

Setelah menerima Sakramen Inisiasi (Baptis, Krisma dan Ekaristi, maka sebagai orang Katolik tidak berhenti disitu. Ada tugas merasul, mewartakan Tuhan Yesus serta menjalin relasi dengan Allah lewat doa yang kita daraskan setiap saat.

Karena kita mengasihi Yesus maka apa yang kita minta kepada Bapa akan dikabulkan-Nya.

Apolos, Priskila dan Akwila telah memberi teladan bagaimana menjadi murid-Nya yang baik, yaitu bermisi.

“Kewajibanku melakukan sesuatu yang benar, selebihnya Tuhan yang menyelesaikannya. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here