Romo Samuel Nasada Himawan OFM, Imam Indonesia Tahbisan Anyar di Amerika (2)

0
1,233 views

KABAR baik itu datang dari Phoenix di Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat. Pengirimnya adalah Ibu Maria Himawan, orang Indonesia dan penggiat Kelompok Kategorial di KAJ.

“Saat ini saya masih berada di Phoenix,  Arizona, Amerika Serikat. Bersama sanak-saudara dekat,” tulisnya kepada Sesawi.Net melalui jalur pribadi pada hari Kamis malam tanggal 5 Desember 2019 lalu.

Tentu ada alasan kuat dan mendasar bagi Ibu Maria Himawan bersama sanak-saudara dekatnya hingga dari Jakarta bisa sampai di Amerika Serikat dan mendarat persisnya di Phoenix, Arizona.

“Keponakan saya baru saja menerima Sakramen Imamatnya sebagai imam Fransiskan dari Ordo Fratrum Minorum atau OFM,” tulis Ibu Maria.

Selain berkarbar tentang tahbisan imamat yang diterima keponakannya, Ibu Maria juga mengirim sejumlah foto dokumentasi tentang kehadiran keluarga dekatnya dalam prosesi tahbisan imamat Romo Samuel Nasada Himawan OFM, keponakannya.

Keluarga Himawan bertolak menuju Phoenix di Negara Bagian Arizona di AS untuk menghadiri tahbisan imamat Romo Samuel Nasada Himawan OFM hari Senin tanggal 3 Desember 2019 lalu. (Dok. Keluarga Himawan untuk Sesawi.Net)

Sekolah di Jakarta dan lanjut di AS

Sam adalah nama panggilan akrab neomis (imam tahbisan anyar) Romo Samuel Nasada Himawan OFM.

Ia ditahbiskan imam oleh Uskup Keuskupan Phoenix Mgr. Thomas J. Olsted hari Senin tanggal 3 Desember 2019 di Conventual Church of Our Lady of the Angels at The Franciscan Renewal Center, juga di Phoenix.

Sam menerima Sakramen Imamat dihadiri oleh sejumlah kerabat keluarga dekat dari Indonesia. Salah satunya adalah tantenya yakni Ibu Maria Himawan yang telah berkirim kabar baik kepada Sesawi.Net.

Sam lahir dan besar di Jakarta. Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Karitas di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Pendidikan SMP dan SMA-nya dia rampungkan di Kolese Kanisius di Menteng, Jakarta Pusat.

Barulah setelah itu, ia pergi ke Amerika Serikat untuk belajar bidang engineering. Usai lulus dan kemudian melanjutkan studi lanjut di bidang yang sama, Sam lantas merintis karier sebagai profesional bidang engineering di sejumlah perusahaan ternama di Amerika.

Dan tiba saatnya ketika dia kemudian aktif di kalangan orang-orang Katolik di California dan kemudian mulai mengenal apa itu Fransiskan dari OFM.

Perkenalan dengan OFM itu terjadi ketika ia mendatangi sebuah komunitas Fransiskan di Los Angeles. Dan sejak itu pula ia melakukan beberapa kali kunjungan ke biara OFM di Oakland untuk bisa semakin mengenal OFM lebih jauh.

Imam baru asal Jakarta yang menerima Sakramen Imamat di Phoenix, Arizona, AS: Romo Samuel Nasada Himawan OFM. (Ist)

Belakangan ia mengaku “ketagihan” untuk mengenal OFM lebih jauh dan akhirnya “tercebur” masuk ke dalamnya.

Tanggal 20 Agustus 2016 ia mengucapkan kaul kekal sebagai anggota religius Fransiskan OFM Provinsi Santa Barbara di Oakland, AS.

Dan puncaknya terjadi pada hari Senin tanggal 3 Desember 2019 lalu. Sam akhirnya menerima tahbisan imamatnya di Phoenix, Arizona.

Rangkaian peristiwa sukacita inilah yang akhirnya membawa Ibu Maria Himawan dan sejumlah kerabat keluarga dekatnya terbang jauh menuju Amerika Serikat.

Untuk satu hal penting dalam sejarah internal keluarganya: Sam, ponakannya, sekarang sudah resmi menjadi pastor Fransikan di Amerika Serikat.

https://www.sesawi.net/tahbisan-imam-fransiskan-ofm-indonesia-di-phoenix-arizona-as/

Rekaman video prosesi misa penerimaan Sakramen Imamatnya bisa diakses di bawah ini:

http://www.fides.org/fr/news/67078-ASIE_INDONESIE_Des_religieux_indonesiens_apotres_de_la_mission_aux_Etats_Unis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here