RPCB Syantikara, Jawab Kebutuhan Publik untuk Retret, Rapat, Seminar, dan Lokakarya (2)

0
774 views
Ilustrasi: 74 kaum muda religius suster, bruder, dan frater mengikuti program bina diri tentang "psiko-seksual" yang diselenggarakan oleh KGN DIY di Rumah Pembinaan Carolus Borromeus Syantikara Yogyakarta, 4-8 Januari 2022 dengan narasumber Romo Fransiskus Iwan Yamrewav MSF. (Br. Libert Jehadit CSA)

KALAU ada kebutuhan akan fasilitas inap sekaligus bisa menjalani hari-hari khalwat untuk retret di pusat Kota Yogyakarta, maka segera ingatlah Rumah Pembinaan Carolus Borromeus Syantikara.

RPCB Syantikara

Nama resminya memang Rumah Pembinaan Carolus Borromeus Syantikara. Namun, kini lebih dikenal sebagai RPCB Syantikara untuk membedakan fasilitas lainnya.

RPCB Syantikara pertama-tama didesain untuk fasilitas pembinaan kalangan internal para anggota Kongregasi Suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus (CB).

Namun, di hari-hari senggangnya, RPCB Syantikara terbuka untuk umum. Siapa saja boleh menggunakannya untuk keperluan retret, rapat, lokakarya, seminar atau pelatihan.

Fasilitas isoman pasien Covid-19

Bahkan ketika merebak badai Covid-19 yang sangat mematikan tahun 2021 lalu, RPCB Syantikara malah berani “buka pintu” seluas-luasnya bagi masyarakat Kota Yogyakarta yang kesulitan mencari lokasi untuk isoman.

Kepada Sesawi.Net dan Titch TV waktu itu, pemimpin Kongregasi Suster CB Sr. Yustiana berani memastikan, bahwa para warga Kota Yogyakarta yang butuh fasilitas isoman tanpa harus keluar biaya, maka tengok dan datanglah ke RPCB Syantikara.

Semua dilayani dengan baik dan gratis.

Ternyata, dalam perkembangan waktu, semua orang lintas umur, lintas agama, lintas profesi kemudian malah datang berbondong-bondong membantu RPCB Syantikara dalam upayanya bisa melayani para pasien isoman Covid-19 secara tuntas dan berkelanjutan. Di ujung akhir cerita ini, hingga akhirnya semua pasien isoman Covid-19 itu bisa sembuh, kemudian undur diri pulang ke rumahnya masing-masing.

RPCB benar-benar hadir sebagai berkah bagi banyak orang. Terutama saat berlangsung pandemi Covid-19.

Rumah Pembinaan Carolus Borromeus atau RPCB Syantikara.
Acara pemberkatan fasilitas isoman pasien Covid-19 di Syantikara Shelter pertengahan Juli 2021. (Kongregasi Suster CB)

Dan kini, setelah kondisi berangsur kembali normal seperti biasa, RPCB Syantikara kembali beroperasi sebagai rumah pembinaan, fasilitas publik yang bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kalau Anda ingin menyelenggarakan program retret untuk berbagai kelompok kategorial, mengadakan rapat atau seminar, lokakarya atau pelatihan bagi kelompok-kelompok profesional dan kategorial, maka jangan ragu: segera tengoklah RPCB Syantikara di Jl. Colombo CT VI/001, Kota Yogyakarta. (Berlanjut)

Ref:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here