Home BERITA Rumah Retret Ursulin, Tenang dan Nyaman di Tengah Keramaian Kota Bandung

Rumah Retret Ursulin, Tenang dan Nyaman di Tengah Keramaian Kota Bandung

0
Ilustrasi: Duduk ngobrol dan syering di salah satu titik tempat duduk di kompleks Rumah Retret Ursulin di Jl. Supratman No. 1, Kota Bandung. (Mathias Hariyadi)

DI tengah keriuhan arus lalu lintas yang tiada henti menyisir ruas jalan utama dari arah flyover Supratman menuju Gedung Sate di Kota Bandung, ada hamparan taman nan luas di tepi ruas Jl. Supratman No. 1.

Di sinilah berada Biara Santa Angela – Rumah Induk Ordo Suster Ursulin (OSU). Di dalamnya ada fasilitas Rumah Retret Ursulin, selain Novisiat dan Provinsialat Suster Ordo Ursulin.

Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini, Titch TV datang menyambangi Rumah Retret Ursulin di Biara Santa Angela di Kota Bandung.

Pertama kali datangi kompleks yang maha luas ini jelang sore hari. Terjadi di bulan Mei 2022 lalu. Ditemani Pak Harmaka dan Susan Caroline –keduanya warga lokal Kota Bandung- Titch TV diajak berkeliling menikmati panorama pemandangan taman.

Ditata sangat rapi dan bersih. Juga karena digarap dengan selera citarasa gardening yang benar-benar ciamik.

Rumah Retret Ursulin

Taman dengan pesona pepohonan dan rerumputan yang tertata rapi itu ada di sisi kanan-kiri Biara Santa Angela. Di salah satu sayapnya itulah berada Rumah Retret Ursulin.

Rumah khalwat ini menyuguhi kita sebuah panorama taman dengan lanskap sangat luas tapi juga indah.

Diatur dan tertata api sehingga orang bisa dengan bebas memilih mau duduk di mana. Agar diskusi atau syering berempat, berlima, atau bersepuluh partisipan itu bisa berlangsung dengan enak dan nyaman.

Juga jauh dari kebisingan.

Hening dari ujung pagi sampai akhir malam hari

Kedua kalinya, Titch TV datang mengunjungi Rumah Retret Ursulin di Biara Santa Angela Bandung terjadi akhir bulan Juli 2022. Kali ini menginap sehari.

Dengan demikian, kami bisa menikmati keheningan Biara Santa Angela di Jl. Supratman No. 1, Kota Bandung. Sejak siang, malam, dan awal mula pagi hari, ketika para Suster Ordo Santa Ursula (OSU) ini mengawali harinya dengan doa pagi dan Perayaan Ekaristi.

Meski berada di tengah keramaian Kota Bandung, namun keheningan tetap bisa terjaga di sini. Riuh-rendahnya arus lalu lintas yang nyaris sungguh tidak pernah berhenti melintasi Jalan Supratman terkesan seperti tak mampu “menembus” tembok tinggi nan rapat di mana Biara Santa Angela ini berada.

Termasuk ketika tengah berada di areal taman Rumah Retret Ursulin. Menikmati hari-hari hening bersama Tuhan.

Lantaran di Rumah Retret Ursulin di Bandung ini, yang ada hanyalah keheningan semata.

PS:

Rumah Retret Ursulin

Biara Ursulin “Santa Angela”

Jl. Supratman No. 1, Kota Bandung 40114

Telp: (0220) 720-7332, 721-0130;

U.p. Sr. Vita OSU.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version