Salah Mengerti

0
208 views
Ilustrasi: Gado-gado.

Renungan Harian
Sabtu, 25 September 2021
Bacaan I: Za. 2: 1-5. 10-11a
Injil: Luk. 9: 43b-45
 
SUATU siang, saat akan makan siang, kami agak bingung dengan makanan yang tersedia di meja makan saat itu. Awalnya dengan melihat apa yang tersaji, kami mengira bahwa menu makan siang hari itu adalah gado-gado.

Kami melihat ada sambal gado-gado dan emping yang menjadi lauk untuk gado-gado. Tetapi kami bingung kenapa tidak ada sayuran sebagaimana menu gado-gado; yang tersedia justru ada daging cincang dan tahu cincang.

Saya sempat bertanya: “Lho ini namanya masakan apa dan bagaimana cara memakannya?”

Rekan imam menjawab seharusnya daging cincang dan tahu cincang ini untuk bakmoy, tetapi kenapa tidak ada kuah dan yang tersedia adalah sambal gado-gado.
 
Setelah kami membuka semua tempat sayur, kami semakin terkejut karena ada satu tempat sayur isinya menurut saya sop sayuran.

Tempat sayur itu berisi kol, buncis, wortel, kentang dan kuah. Tidak lama kemudian kami baru sadar, bahwa menu sesungguhnya adalah gado-gado dan bakmoy; namun karena karyawan tidak tahu bagaimana menyajikannya maka yang terjadi adalah sayuran untuk gado-gado dimasukkan ke dalam kuah yang seharusnya untuk bakmoy.

Kami menjadi tertawa terbahak ketika sadar bahwa bakmoy diberi sambal gado-gado dan sayuran gado-gado dimasukkan ke dalam kuah bakmoy.
 
Ketidaktahuan karyawan yang menyajikan. Ia juga tidak berusaha mencari tahu dengan bertanya maka terjadilah kesalahan itu. Saat ditanya jawabnya sederhana: “Maaf saya pikir seharusnya begitu.”

Sebagaimana sabda Tuhan hari ini sejauh diwartakan dalam Injil Lukas, para murid tidak mengerti tentang sabda Yesus karena mereka punya pandangan dan pemikiran sendiri serta takut untuk bertanya.

Akibatnya, mereka tidak mengerti bahkan ketika hal itu terjadi.

“Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka sehingga mereka tidak dapat memahaminya.
 
Bagaimana dengan aku?

Apakah aku berani bertanya dalam ketidak mengertianku?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here