Saya Bangga Menjadi Katolik

0
286 views
Salib tanda kemenangan.

Bacaan 1: Ef 2:19 – 22
Injil: Luk 6:12 – 19

KAMU pernah ditanya oleh orang lain, “agamamu apa?” dan menjawab, “Saya Katolik.”

Atau setidaknya, beranikah membuat tanda salib saat makan di warung? Atau bahkan berdoa bersama di restoran saat merayakan ulang tahun bersama keluarga?

Jujur, mungkin banyak yang tidak melakukannya. Banyak alasan dikemukakan, ada yang takut dianggap sombong rohani, takut ketahuan Katolik-nya, malu sebagai Katolik, tidak enak sama yang lain dan macam-macam alasan bisa dibuat.

Hari ini Rasul Paulus dalam peneguhannya kepada jemaat Efesus menguatkan iman mereka.

“Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.”

Status iman saya jelas, sebagai anggota persekutuan yang dibangun atas dasar yang amat kuat. Dari tradisi yang turun temurun diturunkan oleh para Bapa Gereja.

Maka saya pun punya tugas yang sama, melanjutkan misi rasuli dengan memberitakan kembali amanat rasuli kepada dunia dan gereja serta setia dalam pemberitaan dan pengajaran dalam kuasa Roh Kudus.

Para rasul dipilih sendiri oleh Tuhan Yesus dan Petrus dipilih oleh-Nya sebagai gembala pimpinan yang akan menggembalakan umat-Nya. Gereja didirikan sendiri oleh Tuhan Yesus diatas batu karang (Petrus).

Sebagai Katolik, kami memiliki tujuh sakramen suci yang berdaya guna dalam memperkuat iman.

Dalam Katolik, kita masing-masing diberi oleh Tuhan, malaikat pelindung dan santo/santa pelindung. Kita bisa minta tolong kepada malaikat dan santo pelindung itu untuk mendoakan kepada Allah Bapa.

Allah sendiri turun ke dunia dalam inkarnasi Tuhan Yesus sebagai Putera-Nya yang Tunggal untuk mengenalkan Allah yang Benar. Tuhan Yesus memiliki kesetaraan dengan Allah Bapa sehingga kuasa-Nya begitu dahsyat.

Kuasa-Nya telah menarik banyak orang datang kepada-Nya untuk disembuhkan dan dibebaskan dari kuasa roh jahat. Sebab Dia adalah Sang Juru Selamat manusia.

Pesan hari ini:

Imanku punya dasar yang kuat dan jelas, saya adalah anggota persekutuan dengan Kristus sebagai kepalanya. Saya Bangga Menjadi Katolik. Persekutuanku didirikan dan dibangun sendiri oleh Tuhan Yesus dan saya dibangun menjadi kediaman Allah di dalam Roh.

“Dorong dirimu sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here