Sediakan Tempat Transit, Komisi HAK Kevikepan Surakarta Dukung Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48

1
374 views
SMA Santo Yoseph di Solo menyediakan ruang transit bagi para peserta dan penggembiara kegiatan Muktamar Muhamadiyah dan Aisiyah ke-48 di Kota Surakarta pertengahan bulan November 2022. (FX Juli Pramana)

KEVIKEPAN Surakarta melalui Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) mendukung kelancaran Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 tanggal 18-20 November 2022 di Surakarta.

Bentuk dukungan -selain dukungan moral- juga dilakukan melalui partisipasi paroki-paroki  yang lokasinya sangat berdekatan dengan tempat muktamar. Yakni, Paroki Purwosari, Paroki Kleca dan Paroki Kartasura – semuanya di Kota Solo, Jateng.

Aktivitas dalam rangka mendukung kegiatan muktamar tidak dilakukan di lingkungan gereja. Namun di tempat netral, karena pada waktu bersamaan gereja masih ada kegiatan peribadatan.

Tempat yang digunakan lembaga pendidikan yang lokasinya berdekatan dengan kegiatan muktamar yaitu SMA St. Yoseph dan ATMI Mikael. Bentuk kegiatan yang  dilakukan adalah semacam posko untuk transit.

Spanduk ucapan selamat datang bagi para peserta Muktamar Muhamadiyah di Solo digelar di kompleks sekolah SMA Santo Yosef Solo. (FX Juli Pramana)

Komisi HAK Kevikepan Surakarta melakukan rangkaian koordinasi dan komunikasi dengan  menjalin komunikasi bersama bidang Pelayanan Kemasyarakatan Paroki Rayon Kota dan melakukan pertemuan dengan penanggungjawab Panitia Muktamar, Dr. K. Tafsir yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah.

Koordinasi dan komunikasi dilakukan sebagai bentuk keterbukaan dan dialog kerukunan mendukung berlangsungnya muktamar.  

Ketua Komisi HAK Kevikepan Surakarta Romo Alexander Joko Purwanto Pr di ruangan sankristi Basilika Notre Dame di Nice, Perancis. (Romo Joko Purwanto Pr)

Ketua Komisi HAK Kevikepan Surakarta

Ketua Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan Kevikepan Surakarta Romo Alexander Joko Purwanto Pr menyampaikan, segenap umat Katolik Kevikepan Surakarta memberi dukungan moral untuk keberlangsungan muktamar.

Ia berharap warga Solo bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu yang hadir. Dukungan diberikan terutama untuk tamu-tamu penggembira yang datang ke Solo.

Diperkirakan akan ada 2-3 juta warga Muhammadiyah datang ke Kota Solo saat pelaksanaan muktamar.

Dialog kehidupan

Dialog kehidupan, persaudaraan sejati, keterbukaan, kesediaan dan dukungan sebagai warga Solo dan warga Gereja Katolik dalam mendukung sukses dan lancarnya Muktamar ditindaklanjuti oleh SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta.

Sekolah ini menjadi salah satu dari tiga tempat yang menyediakan diri menjadi tempat transit bagi segenap peserta dan penggembira acara Muktamar Muhamadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang berlangsung hari-hari ini di Kota Solo, Jateng.

Para tetamu pendukung Muktamar Muhamadiyah dan Aisyiyah mulai berdatang tiba di Kota Solo dan mendapatkan layanan keramahan dari umat Katolik Kevikepan Surakarta yang menyediakan sejumlah tempat transit. Di antaranya di kompleks Sekolahan SMA St. Yosep Solo, Sekolahan Regina Pacis Ursulin, dan lainnya. (FX Juli Pramana)

SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta hari Kamis, 18 November 2022, menerima kehadiran sekitar 300 orang tamu yang akan ikut menyemarakkan Muktamar Muhamadiyah.

Mereka diterima di aula dan kelas untuk transit, disediakan minum dan makan dengan harga murah yang penyediaannya didukung oleh UMKM Kevikepan.

Kepala Sekolah SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta, Agustinus Heruwanto, kepada Sesawi.Net  menyampaikan dialog kerukunan bersama saudara Muhadiyah yang hadir itu sungguh memberi kegembiraan.

Ini merupakan wujud dialog kehidupan yang sungguh nyata; bisa dijalin, dan dirajut sebagai wujud akan terjadinya kesatuan dan kerukunan umat beragama.

1 COMMENT

  1. Mohon koreksi SMA Regina Pacis Solo tidak menjadi tempat transit para penggembira muktamar. jadi yg menjadi tempat transit hanya SMA PL Sint. Yosef dan ATMI Solo. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here